Kapolda NTB: Senjata Yang Paling Ampuh Dalam Menjalan Tugas Adalah Komunikasi dan Silaturahmi

  • Bagikan

InfoaktualNews.com, Mataram – Kapolda NTB Irjen Pol H. Muhammad Iqbal menggelar silaturohmi dengan para pemuda NTB yang tergabung dalam OKP Cipayung plus melalui Meeting Zoom.

Silaturohmi, Jumat malam (15/5) tersebut cukup memberikan pencerahan baik bagi peserta diskusi, juga bagi Kapolda yang baru sepekan ini bertugas di NTB.

Diskusi yang di ikuti kurang lebih 50 orang berlatar belakang unsur Organisasi mahasiswa dan kepemudaan mengambil tema membangun sinergi dalam mengawal kamtibmas di masa covid-19.

Dalam sambutanya Irjen Pol Mohammad Iqbal menyampaikan bahwa kehadiran beliau sebagai Kapolda di NTB merupakan kesanggupannya untuk bersinergi dengan semua element masyarakat dalam menjalankan tugas dan amanah sebagai pengayom dan pelindung masyarakat.

Iqbal menyampaikan bahwa senjata yang paling ampuh dalam menjalankan tugas adalah komunikasi dan bersilaturohmi.

Dia mengaku, beberapa pekan pertama ini awal menjalankan tugas di NTB langsung bersilaturohmi dengan lintas sektor dan stakeholder, termasuk mengunjungi Ponpes Qomarul Huda Bagu, bersilaturrohmi dengan jajaran Kodim, BNN dan tentu sekali bersinergi dengan Pemerintah NTB dengan penandatangan MOU pengawasan dan pengawalan program-program terkait corona.

Irjen Pol Mohammad Iqbal menyampaikan bahwa masukan – masukan dari teman-teman pemuda sangatlah penting untuk di jadikan atensi dalam melaksanakan tugasnya kedepannya bersama dengan jajaran kepolisian di kabupaten/kota yang ada di NTB.

Dalam diskusi itu, Ketua BADKO Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Bali Nusra Rizal Muhlis menyampaikan terkait penanganan keamanan di daerah daerah yang harus terus di tingkatkan.

Disatu sisi, Ketua Perkumpulan Pergerakan Kebangsaan (PGK) NTB, menyinggung soal korban gempa yang masih belum tuntas untuk rehab rekon, banyak korban gempa belum dapat rumah layak huni. Dia berharap pihak polda bisa ikut menelusuri kemungkinan adanya penyelewengan program bantuan rumah untuk para korban gempa.

Selain itu Sekretaris KNPI NTB, Athar menyampaikan pentingnya pengamanan investasi di Kawasan Ekonomi Khusus menjadi atensi Kapolda, mengingat KEK Mandalika masuk dalam program skala priorita program pemerintah pusat yang harus menjadi atensi khusus.

Pada prinsipnya Irjen Pol Mohammad Iqbal akan terbuka untuk setiap masukan dengan mengedepankan Komunikasi dengan semua pihak sebagi senjata untuk bekerja. Termasuk dalam memerangi Narkoba, dalam penyampaian kedepannya kepolisian tidak hanya fokus pada soal menangkap pelaku tetapi bagaimana juga menyiapkan solusi bagi mereka yang terkena kasus Narkoba.

Misalnya menyiapkan lapangan pekerjaan yang layak dan mungkin ada semacam lomba untuk kampung bebas narkoba untuk memotivasi dan mencegah semakin luasnya penyebaran narkoba di NTB.

Khusus untuk persoalan terkait keamanan dalam proses penangan corona, Mohammad Iqbal menyampaikan akan menggerakkan semua unsur Kepolisian Resort di tingkat Kabupaten/Kota untuk terus memantau daerah masing-masing dan terlibat langsung membantu Pemerintah untuk mencegah penularan virus corona ini sesuai anjuran dari pemerintah pusat dan juga Kepolisian Republik Indonesia.

Silaturohmi ini dimoderatori oleh Mantan Ketua Umum Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) yang juga pengurus pusat Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK), Karman BM.

Selaku Moderator Karman menyampaikan bahwa kegiatan – kegiatan semacam ini merupakan bentuk sikap terbuka dari Kapolda Irjen Pol Mohammad Iqbal untuk bersinergi dengan teman-teman pemuda di NTB tandasnya, yang mana kegiatan ini diusulkan olehnya bersama para aktifis mahasiswa yang ikut dalam acara.

Acara juga dihadiri oleh Ketum DPD IMM NTB Khaer, Mukmin Ketua GMNI Mataram, Zaky Mubarok Sekum KAHMI NTB, dan Ida Pengurus Badan Promosi Pariwisata Lombok Tengah. (IAN-Red)



  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)