Tim Puslitbang Polri Gelar Penelitian dan Supervisi di Polresta Mataram

9

MATARAM | Waka Polresta Mataram AKBP Erwin Suwondo, SIK.MIK menerima Tim Puslitbang Mabes Polri yang melaksanakan penelitian dan Supervisi tentang Tata Kelola Sumber Daya Polri dalam Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi terpadu di wilayah Polda NTB yang di gelar selama 5 hari terhitung mulai hari Minggu tanggal 8 November hingga hari Kamis tanggal 12 November 2020 mendatang.

TIM Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melakukan penelitian dan Supervisi di Polresta Mataram Selasa (10/11/2020) di Gedung Wira Pratama Polresta Mataram diikuti oleh Waka Polresta Mataram, Para Kabag, para kasat, para Kasi dan Operator yang mengawaki atau bertugas pada sentra pelayan publik/internal Polri berbasis online  di lingkup Polresta Mataram. Dalam kesempatan tersebut  Tim Puslitbang mendatangkan Tim diantaranya Kombes Pol Drs. Yasirman (Ketua Tim), Pembina Dr. Godfrid ,S.H., M.H. (Konsultan), Akp Asep Darajat, S.H. (anggota) dan Bripka Rachmat Taufik Hidayatulloh (anggota).

Dalam sambutannya Kombes Pol Drs. Yasirman mengatakan, Puslitbang Polri adalah unsur pendukung dari organisasi polri yang memiliki sejumlah tugas pokok. Tugas tersebut adalah menyelenggarakan fungsi perencanaan dan penyusunan program penelitian, pengkajian, dan pengembangan, baik di bidang pembinaan maupun operasional kepolisian melalui kegiatan inovasi dan rekayasa. Selain itu juga melakukan pengawasan uji terhadap materiil, fasilitas, maupun jasa yang digunakan oleh satuan kerja kepolisian lainnya dalam organisasi.

Dijelaskan Yasirman, bahwa pelaksanaan penelitian dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada Operator yang mengawaki sentra pelayan publik/internal Polri berbasis online  di lingkup Polresta Mataram dan wawancara mendalam kepada para Kabag, Kasat dan Kasi TI. Ditambahkan bahwa, metodologi pengumpulan data digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif analisis, Metode ini digunakan tujuannya adalah untuk memberikan gambaran lebih jelas tentang situasi yang diteliti. Selain itu Yasiran juga menegaskan bahwa dengan di laksanakannya kegiatan ini dimaksudkan untuk menyatukan semua terobosan  menjadi satu pintu yang endingnya akan dibuatkan satu peraturan Kapolri (Perkap), terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Erwin  mengucapkan selamat datang kepada Tim Puslitbang Polri di Polresta Mataram dan menaruh harapan dengan terselenggaranya kegiatan penelitian ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang tata kelola sumber daya Polri dalam implementasi Teknologi Informasi dan komunikasi terpadu sehingga dapat diimplementasikan oleh  dalam pelaksanaan tugas kedepan , ungkapnya.

Sebelum memasuki sesi wawancara dan pengisian kuesioner, penayangan vidio selayang padang Puslitbang Polri di tayangkan,  kemudian kegiatan dilanjutkan dengan wawancara  kepada para Kabag, Kasat dan Kasi yang di pandu oleh Dr. Godfrid ,S.H., M.H. dan Tim lainnya mengarahkan pengisian kuisioner kepada para operator yang sudah ditunjuk.

Secara keseluruhan kegiatan penelitian Tim Puslitbang Polri di Polresta Mataram berjalan dengan aman dan lancar. (Rahmat Hidayat)