Dinsos Sumbawa: 57.365 Jiwa Dapat Bantuan Jadup Kemensos

  • Bagikan

Sumbawa, InfoaktualNews.com

Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyalurkan bantuan Jaminan Hidup (jadup) kepada 297.881 korban gempa NTB. Penerima bantuan jadup Tahap II ini tersebar di 3 kabupaten, yaitu Lombok Utara, Lombok Timur dan Sumbawa dengan total bantuan sebesar Rp 89.4 miliar.

Khususnya, Kabupaten Sumbawa memperoleh bantuan korban gempa pada dua tahun silam sebanyak 57.365 Jiwa, penerimaan bantuan jaminan hidup (Jadup) tersebut akan langsung masuk ke rekening masing-masing penerima.  ujar Kepala Dinsos Sumbawa melalui kabid Limjamsos Mirajuddin, ST., diruang kerjanya ke media ini, kamis (21/1).

Kendati demikian, Raju sapa akrab pejabat muda ini berharap agar penerima dapat memanfaatkan bantuan tersebut untuk kebutuhannya, “bantuan korban gempa ini (Jadup, red) menyasar kepada mereka yang belum pernah mendapatkan bantuan, dan kami harap bantuan ini bisa dipergunakan dengan bijak oleh para penerima manfaat,” katanya.

Adapun jumlah bantuan jadup yang diberikan untuk Kabupaten Sumbawa sebanyak 15.090 Kepala Keluarga untuk 57.365 jiwa senilai Rp 17,2 miliar. Saat ini,   dalam situasi pandemi covid-19 yang berdampak kepada semua lini kehidupan masyarakat terutama perputaran perekonomian sangatlah terasa. papar
Raju.

“Biaya yang dibutuhkan tidak sedikit baik dari sisi penangan darurat maupun upaya pemulihan ekonomi sehingga berdampak pula dalam penetapan kebijakan terhadap prioritas program,” ungkapnya.

Lanjut Raju, menyatakan bahwa bantuan jadup ini untuk masyarakat agar dapat mulai menata kembali kehidupannya menuju kehidupan yang baik dan normal. Menurutnya, menata perjalanan kehidupan menuju normal tidak dapat dilakukan secara cepat mengingat dampak akibat bencana menimbulkan kerugian material yang tidak sedikit kehilangan tempat tinggal dan kehilangan anggota keluarga.

Dan bantuan Jadup dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) yang ada di Kabupaten Sumbawa tersebar di 14 Kecamatan yakni Kecamatan Alas Barat, Alas, Buer, Utan, Rhee, Ropang,  Orong telu,  Labuan Badas, Sumbawa, Moyo Hilir, Moyo Utara, Moyo Hulu dan Unter Iwes. tutupnya (IA-Dy)



  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)