Cegah Penyebaran Covid-19, Satgas Pamtas Yonif 742/SWY Gencar Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat Perbatasan

  • Bagikan

Infoaktualnews.com, Belu NTT – Laju perkembangan penyebaran Corona Virus Desease atau yang lebih dikenal dengan Covid-19 di beberapa daerah di Indonesia kian meningkat. Hal ini dapat dilihat dari beberapa pemberitaan di lini media masa.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Komandan Yonif 742/SWY Letnan Kolonel Infanteri Bayu Sigit Dwi Untoro selaku Komandan Satgas Pengamanan Perbatasan RI – RDTL Sektor Timur di Mako Satgas Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Barat Kabupaten Belu menjelaskan sejak ditetapkannya virus corona sebagai pandemi Covid-19 oleh pemerintah, TNI dalam hal ini langsung bergerak cepat bersama pemerintah daerah, Polri dan instansi terkait memberikan sosialisasi baik secara langsung maupun melalui tulisan (Banner) yang ditempat dibeberapa lokasi strategis dengan tujuan dapat menimbulkan kesadaran masyarakat untuk taat terhadap protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Kami selaku Satgas Pamtas di Kabupaten Belu, kata Dansatgas, tetap berupaya melakukan sosialisasi dan edukasi tentang protokol kesehatan Covid-19 kepada masyarakat dan ini dilakukan setiap hari oleh pos-pos jajaran termasuk Mako Satgas.

“jadi minimal 2 sampai 3 pos setiap hari mengingatkan dan mengajak masyarakat di wilayah tanggungjawabnya untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” ujarnya.

Hari ini, pos jajaran Satgas Pamtas Sektor yang melaksanakan sosialisasi dan edukasi masyarakat antara lain Pos Silawan di Dusun Halimuti Desa Silawan, Pos Kewar di Dusun Kewar Desa Kewar dan Pos Lakmars di Dusun Meubupor Desa Lakmars.

“Mereka memberikan sosialisasi langkah-langkah pencegahan dan  memutus mata rantai penyebaran virus corona melalui penerapan protokol kesehatan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobiltas yang tidak perlu,” terang Bayu Sigit.

Selain menerapkan protokol kesehatan tersebut, sambungnya, setiap orang harus menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh dengan rutin berolahraga minimal 1 jam setiap hari, konsumsi gizi yang seimbang dengan memperbanyak makan sayur dan buah, istirahat yang cukup dan mengkonsumsi vitamin atau suplemen penambah imun tubuh.

“Kenali gejala klinis Covid-19 seperti demam, batuk, pilek, letih lesu, sakit ditenggorokan dan gangguan pernapasan. Jika merasakan itu segera berobat ke Puskesmas atau ke Rumah Sakit terdekat untuk testing (deteksi dini) dan perawatan yang lebih intensif jika terpapar Covid-19,” jelasnya.

“Mari jaga diri dan keluarga termasuk lingkungan tempat tinggal dan lingkungan lebih luas dari bahaya Covid-19 dengan senantiasa menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam setiap beraktivitas, in syaa Allah kita terbebas dari Covid-19,” pungkas pria yang hobi olahraga Fitnes tersebut. (ISJ07)







  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)