Dansatgas Pamtas Yonif 742/SWY Serahkan Hasil Galdup

  • Bagikan

Infoaktualnews.com, Belu NTT – Komandan Yonif 742/SWY Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro selaku Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur menyerahkan hasil penggagalan penyelundupan (Galdup) selama pelaksanaan tugas di wilayah perbatasan RI-RDTL khususnya Kabupaten Belu.

Penyerahan puluhan jenis Galdup tersebut diterima langsung Bupati Belu dr. Taolin Agustinus, Sp.Pd. KG-EH, FINASIM  yang dihadiri Forkopimda Belu plus, Kepala Bea Cukai, perwakilan Kantor Wilker Karantina Motaain dan puluhan undangan lainnya di Kantor Bupati Belu jalan Eltari No 1 Atambua Kabupaten Belu, Rabu (11/11/2021).

Dansatgas Pamtas Sektor Timur dalam paparan menjelaskan tugas pokok Satgas Pamtas sebagai penjaga kedaulatan dan keutuhan negara di wilayah perbatasan, mencegah tindakan ilegal dan memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Selain tugas pokok tersebut, tugas lainnya menurut Bayu Sigit yakni melaksanakan pembinaan teritorial kepada masyarakat sebagai fungsi utama TNI AD.

“Dari kegiatan tersebut dilaksanakan berbagai program unggulan seperti semenisasi, pembangunan taman literasi, pembuatan mesin perontok jagung, pembuatan berbagai makanan dari ubi, pembuatan tempe dan lainnya,” terangnya.

Ada juga pelatihan berbagai kerajinan seperti kerajinan bambu, gorok-gorok, lukisan pasir, seni ukir dan sebagainya.

Terkait dengan barang bukti yang diserahkan, Alumnus Akmil 2003 itu menerangkan bahwa barang bukti Galdup sebagai hasil patroli rutin yang dilakukan personel jajarannya khususnya di jalan-jalan tikus dan pesisir pantai yang jauh dari pantauan aparat.

“Alhamdulillah hari ini kami serahkan 14 item hasil Galdup sejak kami datang sampai dengan hari ini kepada Bupati Belu yang nantinya bisa diserahkan kepada instansi terkait,” ujarnya.

Sedangkan Bupati Belu mengucapkan terimakasih kepada Dansatgas dan jajarannya atas pelaksanaan tugas yang luar biasa selama sembilan bulan dengan hasil yang maksimal untuk masyarakat perbatasan Kabupaten Belu.

Apresiasi juga disampaikan Bupati Belu kepada Satgas Pamtas Yonif 742/SWY atas hasil kinerja dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki namun mampu menunjukkan hasil kerja yang patut diapresiasi.

hal itu menurutnya, sebagai inspirasi untuk berbuat yang terbaik dan terukur kepada masyarakat.

Dr. Taolin Agustinus juga akan melaksanakan pesan Dansatgas untuk terus berkoordinasi dengan instansi terkait dalam pelaksanaan pengamanan wilayah perbatasan sehingga dapat mencegah tindakan-tindakan ilegal yang dapat merugikan masyarakat, bangsa dan negara.

Barang bukti tersebut nantinya akan diserahkan kepada Kantor Bea Cukai untuk dilakukan pemusnahan sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Adapun jenis Galdup yang diserahkan yaitu pakaian layak pakai, alat elektronik jenis HP, Sembako, minuman, tembakau, kayu cendana, parfum, spart part kendaraan, puluhan karung garam dan BBM. (ISJ07)







  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)