News  

Sertifikat Gratis (PTSL) Sebanyak 2500 Bidang, Kakan BPN Sumbawa Optimis Tuntas Bulan November 2024

SUMBAWA, infoaktualnews.com – Program sertifikat gratis atau program Pendaftaran Terpadu Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2024 di Kabupaten Sumbawa mendapatkan sebanyak 1500 bidang.

Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sumbawa Dendy Herlan, S.SIP.,M.IP., mengungkapkan bahwa program sertifikat gratis (PTSL, red) sebanyak 1500 yang diberikan ke Masyarakat di dua Desa yakni Desa Songkar Kecamatan Moyo Hilir sebanyak 500 bidang dan Desa Ropang Kecamatan Ropang sebanyak 1000 bidang. ujarnya kepada media ini, Senin (09/7).

Dikatakan Dendy akrab disapa kantah BPN Sumbawa ini, ada sekitar 1250 pemberkasan namun sisanya yang belum sebesar 250 karena program PTSL ini terdapat di 2 Desa seperti Desa Songkar mengusulkan 250 bidang dari 500 bidang dan Ropang 1000 bidang. Masih kata dia, sisanya 250 bidang tersebut akan dipenlogkan kembali.

“Sampai saat ini, BPN telah menuntaskan sebanyak 600 sertifikat dari 1250 bidang. Kami optimis rampungkan program sertifikat gratis (PTSL, red) diberikan ke masyarakat pada bulan September 2024 mendatang,” kata Dendy

Dalam program PTSL ini terang Dendy, BPN Sumbawa telah melakukan kegiatan penyuluhan sudah tuntas dan kegiatan pengukuran dan pemberkasan juga rampung.

“Kami optimis bulan september 2024 sudah rampung diterbitkan sertifikatnya sebanyak 1250 bidang. Dan dalam tahun 2024 ini juga ada penambahan bidang sebanyak 1000 bidang dengan sisa tambahan sebelumnya sebanyak 250 bidang. Insha’Allah optimis dituntaskan oleh tim ATR/BPN Sumbawa,” ungkap Dendy

Lanjut Dendy jelaskan, penambahan yang 1250 bidang ini dialokasikan ke Desa Lekong Kecamatan Alas Barat. Masih kata dia, awal tahun 2024 program sertifikat gratis (PTSL) sebanyak 1500 bidang namun yang sudah pemberkasan sebanyak 1250 bidang karena masih kurang 250 bidang maka sisanya akan dimasukan ke Desa Lekong dengan tambahan target sebanyak 1000 bidang. Jadi selama kurun waktu Januari-Desember 2024, program PTSL di tanah samawa ini sebanyak 2500 bidang. bebernya

Untuk itu, dengan adanya tambahan bidang sebanyak 1000 bidang tersebut sambung Dendy akrab disapa pejabat pertanahan low profile ini, BPN Sumbawa menargetkan rampung dalam penerbitan sertifikatnya pada bulan November 2024. Jadi, ada 3 Desa yang mendapatkan program PTSL ini yakni Desa Songkar Kecamatan Moyo Hilir, Desa Ropang Kecamatan Ropang dan Desa Lekong Kecamatan Lekong.

“Insha’Allah, Kami akan rampungkan semua penerbitan sertifikat pada bulan November 2024 . Dan kami berharap juga akan melakukan penyerahan sertifikat secara simbolis agar masyarakat mengetahui bahwa adanya kegiatan pensertifikatan melalui program PTSL ini,” tandasnya

Kakan BPN Sumbawa Dendy Herlan saat sosialisasi Implementasi Layanan Elektronik Se Kabupaten Sumbawa

Untuk diketahui, saat ini Pensertifikatan sudah menjadi elektronik. Launching Sertifikat Elektronik (E-Sertifikat) sudah dilakukan di Kanwil ATR/BPN secara serentak se NTB pada 2 Juni 2024 lalu. pungkas Dendy Herlan. (IA-Dy)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)