Cegah Penyalahgunaan Narkotika, Ini Yang Dilakukan Kodim 1615/Lotim

9

InfoaktualNews.com, Lombok Timur – Satuan Kodim 1615/Lotim tetap konsisten terhadap pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di lingkungan TNI AD khususnya anggota Kodim Lotim.

Demikian disampaikan Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Agus Prihanto Donny, S.Sos., di Makodim saat melihat langsung proses tes urine puluhan anggota Kodim, Rabu (26/8).

Sebelum pelaksanaan tes urine, kegiatan sosialisasi tentang P4GN dan bahaya Narkotika disampaikan perwakilan dinas kesehatan.

Menurut Dandim, upaya itu dilakukan untuk mencegah dan menjaga Prajurit TNI dari pengaruh Narkotika dengan harapan tugas pokok TNI sebagaimana yang diamanatkan oleh Pasal 7 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

“Jadi TNI harus bersih dari Narkoba agar tugas pokok dapat dilaksanakan dengan baik,” ujar Agus Donny.

Orang nomor satu di jajaran Kodim Lotim itu juga mengingatkan dan menegaskan bahwa ia tidak akan segan-segan untuk memproses dan memberikan sanksi tegas hingga pemberhentian dengan tidak hormat (pecat, red) terhadap oknum anggota yang terbukti memakai narkoba.

“Sanksinya sampai pemecatan dari dinas militer jika terbukti menggunakan narkoba,” tegas Dandim.

Untuk itu, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menjauhi dan tidak menggunakan narkoba karena selain merusak kesehatan juga berdampak buruk bagi keluarga dan lingkungan.

Dari hasil pemeriksaan, sebanyak 70 orang anggota yang melaksanakan tes urine semuanya negatif dan terbebas dari Narkoba. (SN-1)