Resmikan Mall Pelayanan Publik, Menpan RB dan Wali Kota Surakarta Tekankan Kualitas Cepat Tepat Mudah dan Profesionalisme

5

Jogyakarta,  IAN –

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, SH, Jumat (28/8), meresmikan dibukanya Mall Pelayanan Publik (MPP) Jenderal Sudirman yang berlokasi di Jl. Jendral Sudirman, Kawasan Balaikota Surakarta.

Pusat layanan untuk masyarakat Kota Surakarta yang sudah beroperasi melayani masyarakat sejak 17 Agustus lalu diharapkan Menpan benar-benar mampu melayani seluruh kebutuhan dokumen, surat penting dan kebutuhan lain masyarakat.

MPP Surakarta harus menekankan kualitas layanan dan profesionalisme dengan didorong semangat melayani, gotong royong dan dengan tetap berpedoman pada regulasi yang ditetapkan dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

“MPP di Solo harus konsisten melayani masyarakat dengan senantiasa memelihara sarana dan prasarana sebagai salah satu pendukung utama bisa terselenggaranya pelayan publik yang cepat dan tepat,” tandasnya.

Tak sampai di situ saja, Menpan menambahkan, langkah pengembangan MPP selanjutnya adalah penyederhanaan layanan ijin, pengaturan standard pelayanan serta penungkatan dukungan kualitas teknologi informasi.

Sementara Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo dalam sambutannya, mengatakan inovasi pelayanan masyarakat terus gencar dilakukan dengan inovasi dari para kepala dinas. Di antaranya Solo Satu Data, Adejamin sehat (Dispenduk capil, BPJS dan DKK) untuk bantuan warga yang meninggal; Sultan Nikah Capingan (konsultasi pra nikah calon pinanganten) supaya calon kepala keluarga mampu melindungi, mengayomi istri dan anaknya. Program ini dari Bappeda, Dispenduk Capil dan BPPKB.

“Pelayanan administrasi di satu atap ini semakin memudah masyarakat untuk mengurus administrasi hanya di satu tempat saja,” jelas Wali Kota FX Rudyatmo.

“Layanan administrasi di Kota Surakarta yang berbasis elektronik telah diakui secara nasional sebagai layanan yang cepat, tepat dan mudah sehingga masyarakat benar-benar merasakan manfaatnya,” terangnya.

MPP yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman No. 2 ini menyediakan 377 jenis layanan bagi publik berupa perizinan, pembuatan dokumen, hingga perpajakan dalam MPP. Lebih rinci, sebanyak 184 pelayanan dari OPD Kota Surakarta, 177 pelayanan dari instansi vertikal, 11 pelayanan dari BUMN, dan empat pelayanan dari swasta. Soft launching MPP telah diselenggarakan pada 17 Agustus 2020.

Berbagai pelayanan pengurusan perizinan dan nonperizinan diintegrasikan dalam sistem pelayanan satu atap. MPP memadukan pelayanan dari pemerintah pusat, provinsi, daerah, dan lintas instansi dalam satu gedung. Sedikitnya terdapat 21 instansi yang bergabung dan terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun instansi vertikal yang ada di Kota Surakarta.

Adapun lantai satu difungsikan sebagai tempat pelayanan 21 OPD, lantai dua untuk pelayanan instansi vertikal dan Provinsi Jawa tengah. Sementara lantai tiga untuk kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) dan lantai teratas difungsikan sebagai ruang pertemuan.

Pada lantai basement menyediakan fasilitas antara lain tempat bermain anak, pojok baca, musala, dan ruang laktasi. Sementara fasilitas lain yang disediakan yakni fasilitas disabilitas, ATM centre, dan toilet. (IAN-Dw1)