Selesai Dalam 20 Bulan, Presiden Resmikan Bandara Internasional Yogyakarta

6

Jogjakarta, IAN –

Presiden saat Peresmian YIA dan Pengoperasian Menara Airnav Indonesia serta Sistem Peringatan Dini Tsunami, Jumat (28/8), di Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa syukur dengan terselesaikannya bandar udara (bandara) Yogyakarta Internasional Airport (YIA) yang telah selesai 100 persen dalam kurun waktu sangat cepat 20 bulan.

“Kalau kita bandingkan ini dengan airport lama yang di Adisucipto, panjang runway yang di sana 2200 (meter), yang disini 3250 (meter), jauh lebih panjang,” ujar Presiden saat Peresmian YIA dan Pengoperasian Menara Airnav Indonesia serta Sistem Peringatan Dini Tsunami, Jumat (28/8), di Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta.

Kepala Negara menyampaikan bahwa di bandara lama hanya untuk pesawat yang narrow body, sedangkan YIA bisa didarati airbus A380 dan Boeing 777 karena runway-nya 3.250 meter.

Lebih lanjut, Presiden juga menyampaikan bahwa luas terminal yang lama 17.000 meter persegi (m²), sedangkan YIA 219.000 m², berarti 13-14 kali lipat dari bandara lama.

“Kapasitas terminal atau untuk penumpang yang lama itu hanya bisa menampung 1,6 juta penumpang, di sini bisa 20 juta penumpang, ini tugas kita bersama bagaimana bisa mendatangkan 20 juta itu, bukan tugas yang ringan,” imbuh Presiden.

Turut hadir dalam agenda kali ini, Mensesneg Pratikno, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (IAN-Dw1)