DPMD Dukung Penuh Produk UMKM Lokal

7

Sumbawa, Infoaktualnews.com –

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumbawa memberikan dukungan penuh terhadap keberlangsungan dan kemajuan produk-produk lokal yang diproduksi oleh seluruh Bumdes. Bentuk dukungan tersebut tertuang dalam MoU antara pihak Bumdes Se-kabupaten Sumbawa yang diwakili DPMD dengan Perusda Sumbawa untuk di pasarkan melalui aplikasi Perusda Mart, pada Rabu 8 Juli 2020.

Kepala Dinas DPMD Sumbawa Varian Bintoro, usai penandatanganan MOU mengatakan, DPMD sebagai pembina bumdes-bumdes yang tersebar di Kabupaten Sumbawa sudah tentu memikirkan bagaimana keberlangsungan UKM-UKM yang tergabung di bumdes untuk tetap bertahan dan bisa memasarkan produk-produknya dengan gampang.

Penandatanganan MoU antara Perusda dan DPMD Sumbawa untuk pemasaran produk UKM milik Bumdes lewat aplikasi Perusda Mart

“Dengan adanya penandatanganan MOU dengan pihak Prusda Sumbawa, UKM-UKM yang ada di masing-masing Bumdes dapat dengan mudah menjual produknya melalui Aplikasi Perusda Mart. DPMD Sumbawa juga telah memfasilitasi produk-produk Bumdes dengan dinas Perindag, Dikes, lebel halal dengan MUI, BPOM, dan masih banyak lagi,” jelas Varian.

Dengan adanya solusi pemasaran yang ditawarkan oleh Perusda Sumbawa melalui aplikasi Perusda mart, nantinya semua produk-produk unggulan dari masing-masing Bumdes bisa dengan mudah dipasarkan melalui sistem online.

“Dengan adanya kerjasama yang baik dan menguntungkan yang ditawarkan oleh pihak perusda sudah tentu dapat merangsang dan daya cipta UKM-UKM yang ada di Bumdes untuk lebih berinovasi lagi dalam membuat produk-produk berkualitas,” imbuhnya.

Selain dengan sistem penjualan online yang ditawarkan oleh Perusda, produk-produk tersebut juga dapat dijual dengan sistem offline, dimana pembeli juga dapat dengan mudah menemukannya di sejumlah lapak di Perusda Sumbawa, dengan kwalitas yang terjamin dan tak kalah dengan produk-produk dari luar.

Varian meminta kepada seluruh Bumdes agar tetap mempertahankan produknya. Saat ini terdapat 157 produk tetap produksi UKM milik Bumdes di Sumbawa. Selain DPMD, sejumlah dinas lain seperti Disperindag, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan KPH juga ikut terlibat dalam pengembangan produk dimaksud.

“Kedepan kami berharap penguatan ekonomi kerakyatan seperti ini, benar-benar nyata dilakukan secara bersama-sama, termasuk yang dilakukan saat ini melalui Bumdes bekerjasama dengan Perusda. Kedepan semua produk-produk lokal bisa membackup kegiatan-kegiatan lainnya seperti kegiatan pariwisatan dan sebagainya,” demikian Varian Bintoro. (IA-Dy)