DPMD Sumbawa Ingatkan Kades Agar Bantuan BLT Tepat Sasaran

4

Sumbawa, Infoaktualnews.com –

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbawa mengingatkan kepala desa (kades) terutama yang baru dilantik, untuk tidak sembarangan merombak perangkat desa. Diharapkan para kades dapat mengacu pada aturan dan ketentuan yang berlaku.

Hal ini menjadi salah satu penekanan Dinas PMD saat melakukan evaluasi pemerintahan desa beberapa waktu lalu. Pertemuan dengan para kades ini menerapkan protocol Covid-19.

Kepala DPMD Sumbawa, Varian Bintoro, mengatakan, pertemuan dengan para kades salah satunya menindaklanjuti banyaknya informasi terkait kades baru yang melakukan perombakan perangkat desa. Jadi perlu di ingatkan agar memahami aturan dan ketentuan yang ada.

“Banyak informasi bahwa banyak kades yang melakukan pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa. Karena kades-kades baru, maka perlu sebenarnya kita beritahu bagaimana terkait dengan Permendagri dan aturan lain, supaya mereka paham,” ujarnya.

DPMD, katanya, tidak menginginkan adanya perpecahan di tengah masyarakat setelah selesainya Pilkades serentak. Karenanya, kades diminta dapat merangkul semua masyarakat untuk bersama-sama membangun desa. “Selesai Pilkades, kita harapkan bagaimana supaya merangkul semua,” ucapnya.

Dalam evaluasi yang dilakukan, lanjut Varian, pihaknya mengingatkan para kades terkait pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD). Supaya penyalurannya tepat sasaran dan tidak terjadi tumpang tindih dengan bantuan lainnya. Kades juga diminta intens berkomunikasi dengan BPD, kecamatan dan Dinas PMD. Harapannya kades dapat memahami tugas dan fungsinya dalam pemberdayaan dan pembangunan di desa.

“Harapan kami kades memahami tupoksinya dan juga tetap berkoordinasi dalam menjalankan tugas pemerintahan, dengan kecamatan, PMD dan juga kepada BPD selaku mitranya di desa,” pungkasnya.(IA-Dy)