Unik! Bhabinkamtibmas Desa Lamusung Pilih Ibu-ibu Sebagai Corong Informasi Keluarga

2

Sumbawa Barat – Infoaktualnews.com,- Kreatif dan cerdas, itulah kata yang dapat menggambarkan kegiatan sambang desa yang dilakukan seorang Bhabinkamtibmas Desa Lamusung Kecamatan Seteluk, Briptu Ari Irfandana, Kamis (15/10).

Dalam kegiatan rutin itu, Briptu Ari lebih memilih ibu-ibu untuk pendekatan dan berkomunikasi intens, menurutnya, Ibu-ibu adalah orang yang paling dekat dengan seluruh kelurga di rumah untuk memberikan informasi dan ajakan yang disampaikannya dari pemerintah.

“Saya memilih memberikan edukasi lebih banyak kepada ibu-ibu, karena ibu-ibu ini adalah corong informasi keluarga, dan yang paling dekat dengan anak-anak juga,” kata Ari.

Mengedukasi ibu-ibu, bukan berarti ia sama sekali tidak mengimbau bapak-bapak atau pemuda serta anak-anak di desa binaannya, namun iya lebih intens memilih ibu-ibu untuk memberikan informasi atau imbaun pemerintah dengan harapan disampaikan kepada semua keluarga di rumah.

“Kami mengimbau warga selalu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, agar penyebaran covid-19 dapat ditekan,” katanya.

Edukasi intens yang dilakukan kepada ibu-ibu yang ia anggap sebagai corong pemerintah terlihat dari beberapa foto yang diambil dalam kegiatan tersebut, dimana mayoritas ibu-ibu lah yang mampu mengikuti dan membantu nya dalam menyampaikan informasi tersebut.

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono SIK melalui PS Paur Subbag Humas Bripka Mayadi Iskandar di Taliwang, Kamis, mengatakan, kegiatan yang dilakukan Briptu Ari sangat memotivasi orang banyak, dimana ia berhasil mencari celah dan berusaha agar informasi dan imbauan pemerintah dapat didengar dan sampai kepada seluruh masyarakat.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan unik semacam ini agar masyarakat tidak bosan,” katanya.Ia berharap kegiatan imbauan yang unik seperti ini dapat terus dilakukan dan dimunculkan sehingga dapat menarik perhatian masyarakat untuk bersama-sama aktif dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19. (Rahmat Hidayat)