Sinergitas TNI, Polri Bersama Warga Kompak Bersihkan DAM Penampungan Air

9

Dompu, InfoaktualNews.com –

Bhabinkamtibmas Briptu Ruzair Zamroni dan Babinsa Sertu Syamsudin beserta warga Desa Kadindi Barat Kecamatan Pekat terlihat kompak melakukan pembersihan DAM penampungan air, Rabu (12/11).

DAM penampungan air yang dibersihkan ini merupakan media pengaturan tata kelola air baik untuk dikonsumsi maupun kebutuhan pertanian warga setempat yang bersumber terhadap palawija.

Giat yang dilakukan adalah bagian dari inisiatif serta perhatian Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Kadindi Barat, sehingga mengajak warga tani dan beberapa tokoh masyarakat serta staf Pemerintah Desa setempat agar peduli terhadap hal itu.

“Kami bergotong royong dengan membersihkan area DAM dari tumpukan sampah dedaunan yang dapat menyumbat saluran air menuju ke pemukiman warga tentu akan berdampak pada sanitasi dan ketidaksehatannya kwalitas air yang dikonsumsi warga,” ujar Briptu Ruzair Zamroni.

Menurutnya, kebersihan DAM penampungan air itu merupakan kegiatan rutin mingguan yang sudah terprogram khusus oleh Pemerintah Desa Kadindi Barat dan dijadwalkan setiap hari Jumat.

Namun, karena masa pandemi Covid-19 ini menjadi penghalang giat rutin tersebut, sehingga kebersihan hanya difokuskan pada areal lingkungan juga membatasi kegiatan berkumpul.

“Selama pandemi Covid-19 ini kami hanya menugaskan beberapa orang dari warga supaya bergiliran melakukan control dan cek kebersihan sekitar areal DAM,” tutur Bhabinkamtibmas.

Di masa new normal ini, Bhabinkamtibmas dan Babinsa sinergi untuk kembali mengajak atau menggalakkan kegiatan tersebut sesuai program-program yang telah terjadwal Pemerintah Desa setenpat.

Bhabinkamtibmas dan Babinsa tetap menghimbau terhadap warga binaannya untuk tetap mematuhi protocol kesehatan sebagaimana yang sudah dianjurkan Pemerintah guna mencegah klaster baru kembali.

“Air yang merupakan sumber kehidupan, jadi, harus terus dijaga dan dirawat baik itu sumber dan kemanfaatannya karena merupakan sumber utama kehidupan,” terangnya.

Di tempat yang sama Babinsa Sertu Syamsudin juga menuturkan, air yang sudah terkelola dengan baik serta dibangunnya DAM kemudian disusun perpipaan adalah bagian dari tanggungjawab bersama sembari menciptakan Kamtibmas.

“Instrumen-instrumen penting apakah itu pipa maupun tanggul sesegera mungkin harus diperbaiki lewat pengecekan setiap waktunya,” kata Babinsa.

Sementara salah satu tokoh masyarakat yakni Amak Yusuf yang ikut dalam kegiatan itu sangat mengapresiasi segala pemikiran, langkah, dan tindakan Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang memiliki inisiatif dengan hal itu.

Hal itu telah memotivasi dan mengingatkan bahkan turun langsung dalam setiap kegiatan gotong royong khusus dalam permasalahan air itu.

“Semoga apa yang telah diinisiasi dan dimotivasi Bhabinkambtibmas dan Babinsa ini menjadi nilai ibadah serta mempererat kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat di segala sendi kepentingan,” ujar Amak Yusuf. (IA-Dy)