Optimis On Time, Pembangunan Blok A Pasar Seketeng Dikebut

10

Sumbawa, Infoaktualnews.com –

Proyek pembangunan lanjutan pasar Seketeng Sumbawa khususnya di Blok A bersumber dari APBD Sumbawa tahun anggaran 2020 senilai Rp 23 miliar lebih terus dikebut.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumbawa Janatulfala S.AP, kepada awak media, menyebutkan, proyek  yang dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT Aria Jaya Raya sejak awal 2 Juni 2020 lalu itu, sejauh ini berjalan sesuai schedule yang ditetapkan.

Progres fisik hingga minggu pertama November ini, sambungnya, telah mencapai 76,07 persen.

“Kami optimis seluruh pekerjaan akan dapat dituntaskan hingga akhir kontrak,”  ungkapnya.

Didampingi  Kabid Pasar yang juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek tersebut, Syirajuddin, ia menjelaskan hasil evaluasi hingga pekan pertama November atau Minggu ke-22 ini, pembangunan untuk Blok A yang berada didepan dengan konstruksi dua lantai tersebut menunjukkan progress fisik 76,07 persen dari target 77,60 persen atau terjadi deviasi minus 1,53 persen.

“Kendati demikian pelaksanaan pekerjaan di lapangan masih ‘on the track’, sejumlah pekerjaan terus dikebut sehingga target pembangunan pasar modern tersebut dapat dituntaskan hingga akhir tahun 2020 ini,” tukasnya.

Syirajuddin menambahkan, sejauh ini dalam pelaksanaan dilapangan tidak ditemui kendala berarti, karena sejumlah tenaga kerja dan dukungan alat berat maupun sejumlah pasokan material yang dibutuhkan dalam keadaan ready on-site. Sehingga pelaksanaan pekerjaan berjalan normal sesuai shedule yang ditentukan.

“Untuk fisik seluruh kios dilantai 1 sudah selesai tinggal dilakukan finishing, dan khusus untuk pemasangan baja plus pemasangan atap diperkirakan sudah bisa diselesaikan pekan depan. Kemudian dilanjutkan dengan penataan lanjutan dilantai II sesuai tahapan schedule yang ada,” terangnya.

Diakuinya, dalam pelaksanaannya proyek tersebut mendapat pendampingan dari Tim Jaksa Pengacara Negara (JPN) Kejari Sumbawa.

Proyek tersebut menyerap tenaga kerja sebanyak 155 orang, terdiri dari belasan orang tenaga teknis team leader yang dibantu sejumlah pekerja kasar, mandor dan tukang besi, mandor dan tukang kayu, baik tenaga lokal maupun pekerja dari luar daerah.

“Semua tahapan pelaksanaan di lapangan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 serta K3, sehingga pelaksanaannya dapat berjalan baik sesuai yang diharapkan,” ujarnya.

Jika melihat progres fisik hingga saat ini, ia sangat optimis kontraktor pelaksana dapat menuntaskan seluruh pekerjaan fisik Blok A Pasar Seketeng Sumbawa berlantai II tersebut hingga akhir tahun 2020 ini.

“Kami berharap pada tahun baru 2021 mendatang pasar tersebut sudah bisa difungsikan dan dimanfaatkan oleh para pedagang,” pungkasnya. (IA-Am)