Luar Biasa! UPTB-UPPD Sumbawa Realisasikan PKB Melebihi Target

15

Sumbawa, InfoaktualNews.com –

Sumbawa merupakan salah satu Kabupaten di NTB yang cukup terbanyak memiliki potensi kendaraan baik roda dua maupun roda empat yakni sebanyak 119.384 unit, itu sudah termasuk didalamnya 2.988 unit kendaraan dinas. Sehingga tidaklah mengherankan kalau realisasi target pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) maupun Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) hingga 19 Nopember 2020 ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan mencapai 107,75%, guna dapat menunjang pendapatan kas daerah, ungkap Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan Unit Penerimaan Pajak Daerah (UPTB-UPPD) Sumbawa melalui Kasi Pembayaran dan Penagihan Pajak Daerah Sofyan SH dalam keterangannya pers kepada InfoaktualNews.com diruang kerjanya, Kamis (19/11).

Semua realisasi pajak kendaraan ini dihasilkan terang Dea Tuk akrab pejabat muda low profil ini disapa, tentu berkat tingginya kesadaran masyarakat wajib pajak di daerah ini yang dinilai taat dalam membayar akan kewajiban bagi pajak kendaraannya. Kendati saat ini Sumbawa masih tengah dilanda pandemi Covid-19, hingga berdampak kepada pendapatan ekonomi masyarakat. Justru para wajib pajak telah menyisihkan sebagian penghasilannya untuk membayar pajak kendaraan yang dimilikinya, dalam hal ini tentu patut diacungi jempol dan menjadi contoh yang baik, tukasnya.

Menurutnya, hasil evaluasi menunjukkan kalau jumlah obyek kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat yang telah melakukan tanda daftar ulang (TDU) sebanyak 67.642 unit kendaraan. Adapun dengan target PKB tahun 2020 sebesar Rp 29.752.000.000 telah berhasil direalisasi penerimaan dan pendapatannya mencapai Rp 32.060.006.429 ( sekitar Rp 32 Miliar lebih ) atau mencapai 107,75% (persen), sedangkan untuk BBNKB dari target sebesar Rp 25.232.456.400 terealisasi sebesar Rp 21.655.696.078 (85,82%). kendati ditengah Covid-19 justru realisasi pendapatan target terjadi peningkatan yang signifikan jika dibandingkan pada bulan yang sama tahun 2019 lalu.

Sofyan lebih lanjut menjelaskan, dari kumulatif target total penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor maupun Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (PKB-BBNKB) di Kabupaten Sumbawa yang dibebankan tahun 2020 mencapai Rp 54 Miliar lebih. Maka realisasinya hingga 19 Nopember 2020 telah mencapai Rp 53 Miliar lebih,  dengan sisanya akan terus digenjot hingga akhir tahun anggaran. Dan kami sangat optimis akan mampu mencapai target yang ditentukan, karena seluruh kekuatan dan sumberdaya yang dimiliki diturunkan di lapangan dengan komitmen tinggi terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. baik itu melalui Drive Thrue yang ada di Kecamatan Alas, Labuan Sumbawa dan Kecamatan Plampang, Samsat Tenda dan lima kendaraan mobil Samsat Keliling (Samling) yang selalu siap berkeliling kota Sumbawa maupun pelayanan hingga ketingkat Kecamatan, melalui callphone menggunakan sistem jemput bola, serta dilakukan operasi gabungan (Opsgab) bersama pihak terkait, paparnya.

“Oleh karena itu sebagai apresiasi dan terima kasih kami kepada para wajib pajak, maka Pemprov NTB melalui Bapenda NTB melaksanakan Gebyar Pajak 2020 selama dua hari (20 – 21 Nopember), dengan memberikan hadiah suprise undian berupa sepeda motor, sejumlah sepeda dayung sport, kulkas, kompor gas, kipas angin dan sejumlah hadiah hiburan lainnya, baik itu yang disiapkan oleh Bapenda NTB bersama UPTB-UPPD Sumbawa yang juga didukung dari Pemda Sumbawa, PT Bank NTB Syariah dan mitra kerja (dealer) kendaraan,” papar Sofyan SH. (IA-Am)