Mantap! Pemda Sumbawa Usulkan Pengadaan Kapal Pelayaran Seharga 2 Miliar

15

Sumbawa, InfoaktualNews.com –

Dalam rangka menunjang pengembangan kawasan SAMOTA yang telah ditetapkan sebagai biosfer dunia, yang didukung dengan pengembangan sejumlah pelabuhan (dermaga) disejumlah pulau kecil sebagai dermaga pengumpan serta untuk memperlancar arus transportasi Tol laut dari daratan Sumbawa dan ke sejumlah pulau-pulau kecil disekitar perairan Sumbawa.

Maka Pemda Sumbawa melalui leading sektor terkait OPD Dinas Perhubungan (Dishub) Sumbawa dalam program kerja tahun anggaran 2021 mendatang akan mengusulkan kembali rencana bagi pengadaan 1 (satu) unit kapal pelayaran senilai Rp 2 Miliar kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, ungkap Sekretaris Dinas Perhubungan Sumbawa Hamsan, SH., dalam keterangan persnya kepada media InfoaktualNews.com, Kamis (19/11).

Dermaga Pulau Medang

Menurutnya, sebelumnya dalam tahun anggaran 2020, Dishub Sumbawa telah mengusulkan anggarannya melalui DAK Pusat bagi pengadaan kapal pelayaran dimaksud, akan tetapi karena terjadi refocusing anggaran bagi penanganan Covid-19. Sehingga program tersebut dipending dan mudah-mudahan dengan usulan kembali pada tahun anggaran 2021 mendatang, Pemerintah Pusat kembali mengalokasikan anggarannya, agar apa yang menjadi harapan Pemda dan masyarakat Sumbawa dapat direalisasikan.

Namun, sesuai dengan program perencanaan dan spesifikasinya, kata Hamsan, pengadaan satu unit kapal pelayaran tersebut diperuntukkan khusus hanya untuk angkutan orang (penumpang) bukan angkutan barang. Jadi dengan rencana jika kapal pelayaran itu nanti direalisasikan pengadaannya, maka kedepannya akan dimanfaatkan dan dipergunakan untuk menunjang kegiatan dan kelancaran tol laut menjalani rute pelayaran dari dan ke Sumbawa menuju pulau Medang, pulau Moyo dan pulau kecil lainnya, dengan sistem pengelolaan dari kapal tersebut akan diserahkan kepada Bumdes, tukasnya.

“Mengingat program yang diusulkan Dishub itu untuk kepentingan publik dalam rangka menunjang kelancaran arus transportasi tol laut diperairan laut Sumbawa, maka kami sangat optimis Pemerintah Pusat melalui Kemenhub akan menjadikan skala prioritas bagi alokasi anggarannya pada tahun 2021 mendatang, karena itu doa dan dukungan masyarakat sangat dibutuhkan,” pungkas Hamsan SH. (IA-Am)