Sah! DPC PAPPRI Kabupaten Sumbawa Terbentuk

69

Sumbawa, InfoaktualNews.com –

Kabupaten Sumbawa kini memliki Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI). Hal itu ditandai dengan dikukuhkannya kepengurusan DPC PAPPRI Kabupaten Sumbawa periode 2020 – 2025 oleh ketua DPD PAPPRI NTB, Hj. Maskahyangan  disaksikan Pjs. Bupati Sumbawa, Kapolres, Dandim 1607 Sumbawa, Kanim Imigrasi, Kantah Sumbawa, Kepala Jasa Raharja di Aula H. MAdilaoe ADT Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Kamis pagi (19/11).

DPC PAPPRI Kabupaten Sumbawa diketuai oleh Hayati dan jajaran pengurus yang berasal dari kalangan penyanyi, artis, pencipta lagu, dan musisi lokal Sumbawa.

Sementara itu, Pjs. Bupati Sumbawa menyampaikan ditengah pendemi covid-19 seperti saat ini, industri musik menjadi salah satu sektor yang ikut terdampak.  Dijelaskan, pada bulan maret 2020 saat covid-19 mulai menyebar di Indonesia dan imbauan untuk tetap di rumah berlaku, tercatat sejumlah konser, tur, serta festival musik yang dibatalkan dan mengakibatkan para musisi kehilangan pekerjaan.

Bahkan kondisi ini, menurutnya tidak hanya berdampak secara ekonomi terhadap para musisi saja, akan tetapi meluas kepada semua yang terlibat pada sebuah pertunjukan musik seperti even Organiser dan para kru dibalik layar.

Menyikapi hal tersebut, Ir. Zainal menjelaskan Kolaborasi antara industri musik dan platform digital seperti mengadakan konser secara online dapat menjadi solusi di masa pandemi ini, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Kendati demikian, Pjs. Bupati berharap terbentuknya DPC PAPPRI Sumbawa selain sebagai wadah untuk menampung segala keluhan maupun masukan dari musisi lokal sumbawa mengenai hal-hal tersebut, juga diharapkan mampu mempelopori terlaksananya pertunjukan musik secara online di Kabupaten Sumbawa.

Hal Senada juga disampaikan, Ketua DPD PAPPRI NTB dalam sambutannya berharap agar PAPPRI Sumbawa dapat mendorong generasi penerus untuk terus menggali potensi di bidang musik dan seni. Terlebih kata dia, hal itu sejalan dengan visi terbentuknya PAPPRI yakni untuk membentuk SDM yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa. Menurutnya, semua itu akan terwujud apabila pemerintah dan para pegiat seni membangun sinergi yang baik dan berkelanjutan.

Kemudian, ketua panitia Surahman MD, SH., MH., menyampaikan, bahwa kehadiran PAPPRI sebagai wadah para seniman – seniman, Penyanyi, Pencipta lagu, dan Pemusik yang ada di kab. Sumbawa. Adapun keberadaan dan kehadiran PAPPRI di sumbawa ini ada sekitaran 70 Anggota yang tergabung dalam organisasi ini. Sehingga kedepannya akan menjadi icon bangkitnya kebudayaan dan generasi penyanyi yang memiliki pontensial agar bisa tampil serta berdaya saing di kanca Nasional.

Lanjutnya, tentu dengan terbentuk PAPPRI Kab. Sumbawa akan menjadi wadah para seniman-seniman yang ada di daerah ini. Kata dia, ada beberapa even kegiatan kedepannya untuk hiburan rakyat yang akan kita planingkan namun karena kondisi pandemi covid-19 saat ini tidak mungkin akan terlaksana. ungkapnya.

Hal demikian juga diungkapkan Ketua DPC PAPPRI Kab. Sumbawa Hayati (Atik Orek) menyatakan bahwa ingin mewadahi para seniman – seniman, Penyanyi, Pencipta lagu, dan Pemusik ada di 24 kecamatan di kabupaten Sumbawa ini.

Tidak tutup kemungkinan, kami akan membuat suatu kejutan melalui seni musik, dan kedepannya juga akan ada audisi-audisi untuk mencari generasi muda yang memiliki pontesial agar bisa berdaya saing serta tampil dikancah nasional melalui seni musik. tungkasnya.

“Insha Allah, kedepannya akan bisa mengharumkan nama daerah melalui pentas seni musik dan budaya kedepannya,” harapnya. (IA-Dy)