F-PDIP: Sinergiritas Program Pemda dengan Pempus Sangatlah Penting

31

Sumbawa, InfoaktualNews –

Fraksi PDI Perjuangan menyampaikan bahwa pentingnya Sinergitas Program Daerah dengan Pusat pada Paripurna II Ranperda Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021, hal demikian disampaikan politisi PDI Perjuangan Dra. Sahidatul Kamila Djibril Pada Paripurna II DPRD Kab Sumbawa yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Syamsul Fikri AR, S.Ag, M.Si. didampingi Nanang Nasiruddin, SAP, kamis (26/11).

Ket. Foto: Dra. Sahidatul Kamila Djibril (F-PDI Perjuangan/Ist) 

Srikandi Parlemen dari Partai berlambang Banteng tersebut menyampaikan bahwa esensi sistem perencanaan pembangunan nasional, dan tema pembangunan nasional sebagaimana tertuang dalam peraturan presiden nomor 86 tahun 2020 tentang rencana kerja pemerintah tahun 2021.
“Meningkatkan industri, pariwisata dan investasi di berbagai wilayah didukung oleh SDM, dan infrastruktur untuk pertumbuhan berkualitas,”.

Kemudian, terhadap tema pembangunan tersebut diharapkan mampu menjadi acuan pembangunan daerah yang di selaraskan program prioritas pembangunan daerah yang berkelanjutan, sehingga dapat mencapai target sasaran pembangunan daerah, papar Ida sapa akrab politisi PDIP tersebut.

Lanjutnya, bahwa esensi dari dasar pertimbangan penyusunan dari APBD tahun 2021 merupakan lanjutan dari rencana strategis pembangunan nasional yang diselaraskan dengan cita-cita pembangunan daerah yang bersumber dari asumsi-asumsi makro ekonomi daerah. Oleh karena itu, dapat dijadikan sebagai bentuk dari evaluasi dan penyempurnaan dari APBD yang telah berjalan dan sesuaikan dengan rencana strategis pembangunan nasional dalam rangka mewujudkan capaian keserasian dan keselarasan pembangunan yang bersumber dari berbagai aspirasi kebutuhan dasar dan prioritas masyarakat.

“Fraksi PDI Perjuangan juga memandang bahwa RAPBD tahun 2021, diharapkan dapat terwujud sebagai instrument pergerakan skala pokok dan prioritas pembangunan yang diperoleh melalui berbagai masukan masyarakat dari tingkatan paling bawah, baik melalui musyawarah RT, RW, Dusun Maupun Desa. Sehingga pada tahapan proses musrenbang tingkat Kecamatan dan Kabupaten serta melalui reses DPRD Kabupaten Sumbawa dengan harapan melalui tahapan tersebut mampu membaca kondisi riil terhadap persoalan pokok dan mendasar yang di hadapi masyarakat. dengan tetap memegang prinsip-prinsip pengelolaan keuangan daerah yang partisipasi, transparansi, accauntable, disiplin berkeadilan serta efisien dan efektif. terhadap beberapa substansi tersebut sangatlah relevan dengan apa yang menjadi cita-cita dalam mewujudkan kabupaten sumbawa yang hebat dan bermartabat yang lebih maju, selanjutnya dituangkan dalam kerangka program kerja nyata pemerintah daerah,” ungkapnya.

Kendati demikian, terhadap komponen-komponen strategis rencana pembangunan dan pro rakyat yang di tuangkan dalam skala prioritas pembangunan daerah, dalam rangka mempertajam prioritas perencanaan dan penganggaran daerah Fraksi PDI perjuangan mendukung Pemerintah Daerah dalam menyukseskan program tersebut. “Fraksi kami memandang sebagai implementasi peningkatan sarana prasarana infrastruktur daerah, peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengentasan kemiskinan dan mengurangi pengangguran. sehingga arah prioritas yang idealnya akan ditempuh dapat tercapai sesuai dengan target. Maka dengan ini akan memberikan rasa optimisme yang tinggi terhadap peningkatan sumberdaya manusia dan penguatan sektor-sektor basis potensial sumberdaya yang ada di Kabupaten Sumbawa,” harapnya.

Adapun terhadap lima prioritas pembangunan daerah dan penyampaian rancangan peraturan daerah tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2021, Maka Fraksi PDI Perjuangan menyampaikan beberapa hal antara lain yakni:

1. Terhadap prioritas pertama produk unggulan daerah, pariwisata dan ekonomi kreatif. Fraksi PDI Perjuangan mendukung program prioritas tersebut, dengan harapan melalui program tersebut F-PDIP meminta kepada pemerintah daerah khususnya di bidang pariwisata dan kearifan lokal yang terus meningkat dari tahun ke tahun. hal ini tentu kedepan diharapkan langkah-langkah strategis untuk menentukan lokus dan fokus terhadap sektor pontensial pariwisata dan budaya sehingga nantinya dapat mempermudah dan memperluas promosi pontensi pariwisata dan budaya yang ada di Kab. Sumbawa baik secara regional maupun di kanca internasional. selain promosi potensi pariwisata dan budaya tentu harus di dukung oleh sarana prasarana infrastruktur yang memadai dalam rangka mempermudah akses konektivitas di beberapa sektor potensial. Khususnya sektor pariwisata sudah saatnya memberi konstribusi jelas terhadap peningkatan perekonomian daerah yang nantinya berimplikasi terhadap peningkatan pendapatan asli daerah.

2. Prioritas kedua sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing, memandang bahwa penting menjadi komitmen kita bersama, Pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan sistem inovasi pembangunan di segala bidang. Dalam hal ini menjadi penting guna peningkatan sumber daya manusia berkualitas dan daya saing serta memperkuat kohesi sosial, penguatan sistem inovasi merupakan suatu keniscayaan, hal ini sejalan dengan semangat pembangunan dan sistem pemerintahan indonesia yang otonomi. karena daya saing nasional pilarnya adalah daya saing daerah. Maka tentu saja sangat penting F-PDI Perjuangan mendukung dan mendorong pemerintah daerah agar bisa meningkatkan daya saing daearah melalui sistem inovasi daerah.

3. Prioritas ketiga infrastruktur dan konektivitas, diperlukan perhatian khusus terhadap kegiatan-kegiatan pembangunan infrastruktur yang memadai guna menunjang pembangunan dan peningkatan perekonomian daerah. sarana prasarana jalan dan dermaga, pembangunan sarana prasarana pertanian, infrastruktur kesehatan dan infrastruktur pendidikan merupakan satu kesatuan yang harus selalu terhubung konektifitasnya. dengan demikian terwujudnya pembangunan infrastruktur tersebut tentu akan berimplikasi terhadap pemerataan pembangunan. Melalui kesempatan ini pula F-PDI Perjuangan juga memberi apresiasi kepada pemerintah daerah terhadap capaian-capaian pembangunan daerah baik yang sudah maupun yang akan segera direalisasikan seperti Pembangunan bendungan beringin sila, pembangunan pasar seketeng dan Pasar brang bara, Pembangunan dermaga teluk santong, Relokasi RSUD, Puskesmas dan Pembangunan jalan mantap yang berkelanjutan.

4. Prioritas ke empat, lingkungan hidup, adaptasi perubahan iklim dan mitigasi bencana, F-PDI Perjuangan mendukung program prioritas tersebut, dengan harapan melalui program tersebut fraksi kami meminta kesungguhan dan konsitensi dalam melindungi dan mengelola lingkungan hidup. Sebab makin menurunnya kualitas lingkungan hidup akan mengancam kelangsungan kehidupan manusia dan makhluk hidup lain, sehingga perlu perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang sungguh-sungguh dan konsisten oleh semua pemangku kepentingan. F-PDI Perjuangan berharap, agar menjadi upaya nyata kita bersama dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan dan turut serta mengantisipasi dampak pemanasan global.

5. Prioritas ke lima pelayanan publik dan reformasi birokrasi, F-PDI Perjuangan memandang bahwa penting kiranya menjadi komitmen kita bersama pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi dan tata kelolah pemerintahan yang baik. hal ini menjadi kunci percepatan pembangunan di Kab. Sumbawa, dengan harapan kedepan semakin mantapnya pelayanan yang di berikan melalui konsep reformasi birokrasi dan tata kelolah pemerintahan, yang pada akhirnya menjadikan kehidupan lebih mudah dalam memperoleh pelayanan dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat yang ada di pemerintahan serta tidak membutuhkan biaya yang besar untuk memperoleh sebuah pelayan. (IA-Dy)