Gelar Orientasi Akademik, Inilah Penjelasan Direktur Pasca Sarjana UTS

  • Bagikan

Sumbawa, Infoaktualnews.com

Sekolah Pasca Sarjana UTS telah menggelar Pengenalan atau  Orientasi Akademik  Mahasiswa Baru pada Kamis (18/3) lalu. Mahasiswa baru ini merupakan angkatan 7 Program Studi Manajemen Inovasi Universitas Teknologi Sumbawa.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dengan melibatkan seluruh mahasiswa baru (angkatan VII) Prodi Manajemen Inovasi. Kegiatan ini ditujukan untuk pembekalan kepada para mahasiswa sebelum memasuki masa perkuliahan nanti.

Dapat dikatakan saripati dari semua petuah Para Pengampuh ada dalam pertemuan ini. Dr. Ir. H. Muhammad Saleh, M.Si selaku Direktur Sekolah Pascasarjana UTS pada kesempatan tersebut memaparkan secara gamblang keberadaan Universitas Teknologi Sumbawa dan Sekolah Pascasarjana Universitas Teknologi Sumbawa. “Selamat datang dan Selamat Bergabung di Universitas Teknologi Sumbawa” sapa nya.

“Kampus ini merupakan salah satu Perguruan tinggi swasta di NTB, berdiri tahun 2013 yang lalu, saat ini menginjak usia 8 tahun. Pada tahun 2016 di kawasan Universitas  ini berdiri Science Techno Park atau kemudian diberi nama Sumbawa Techno Park. Berdirinya program ini adalah sebuah lembaga riset yang dimaksudkan bagi tumbuh kembangnya wirausaha dalam rangka mendukung program tersebut.

Lalu, pada tahun 2017 Sekolah Pascasarjana dengan prodi Manajemen Inovasi didirikan di Sumbawa,” kata Dr. Saleh.

Direktur Sekolah Pascasarjana UTS juga menuturkan, bahwa pada awal tahun 2020 Magister Manajemen Inovasi mendapatkan status akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN). Oleh BAN diperoleh akreditasi BAIK. Sehigga ini bisa menjadi jaminan bahwa Magister Manajemen Inovasi ini bisa dipertanggungjawabkan.

Ia juga menuturkan bahwa siapa pun yang hendak melanjutkan studi S2 di MI UTS tidak perlu khawatir atau ragu-ragu dengan status dari ijazah yang diterbitkan nantinya, karena Program Magister Manajemen Inovasi adalah program studi yang sudah terakreditasi.

Perkembangan selanjutnya, sejak berdiri dari tahun 2017 Kampus telah menerima mahasiswa sebanyak 7 angkatan dan telah melaksanakan 2 kali periode wisuda dengan melepas sebanyak 51 orang Wisudawan. Demikian juga dengan perkembangan dosen tetapnya,  Magister Manajemen  Inovasi  sampai saat ini memiliki 13 orang dosen tetap  dengan kapasitas dan kepakaran yang sangat mumpuni sebut saja diantaranya adalah Dr. Zulkiflimansyah, SE, MSc, Dr. Taryono, MM,. Dr. Ir. H.A Kahar Karim MM, Dr. Deddy Heriwibowo, SE, M.Ec.Dev, Dr. Raddyium Ikono, SE. M.Sc. Dr. Umar., Dr. Ir. Muhammad Saleh. M.Si dan Dosen tetap lainnya yang tak asing lagi yakni Dr. Andy Tirta.

Semua Dosen Pengampu ini juga berkecimpung langsung di bidang kepakarannya di Pemerintahan, Lembaga Ekonomi, dan yang Pasti Kebanggaan kita Tau dan Tana Samawa adalah Dr Zul sebagai Gubernur NTB. Ditengah kesibukannya yang super padat tetap mengajar di Kampus Magister Manajemen Inovasi UTS. Dosen-dosen tetap yang disebut diatas dan yang lainnya tetap mengajar perkuliahan secara Daring (online) mengingat kondisi pandemi yang melanda dan dalam kondisi khusus kuliah klassical atau ofline dilaksanakan sesuai dengan standar kesehatan pencegahan Penyebaran Covid 19.

Pada Pengenalan Kampus ini lebih dari 100 orang bertemu via daring.Salah seorang mahasiswa baru Abdul Ma’ruf Rahmat menuturkan rasa senang dan bangganya dapat bergabung menjadi mahasiswa baru di semester ini, “alhamdulillah saya masuk dalam kelas 7A artinya angkatan ke tujuh kelas A yang diikuti oleh 41 orang mahasiswa pascasarjana. Didalamnya juga ada kolega dan teman organisasi diantaranya Dea Guru H. Ustadz Faisal Salim, saudara Ilham Jaya Pranata, Syaifullah, Kamiruddin dan Kawan kawan dari Kabupaten Sumbawa Barat.

Tentunya rekan-rekan lain juga, yang ini akan menambah luasnya silaturahmi yang terbangun dengan lintas keilmuan yang berbeda-beda pula, pasti akan membuat perkuliahan menjadi menarik.” Tuturnya.Dalam temu daring tersebut juga dijelaskan terkait dengan rencana studi yang akan ditempuh para mahasiswa Pascasarjana UTS kedepannya.

Seperti tentang para dosen pengampu mata kuliah, sosialisasi SIAKAD, tema atau topik (judul) dan kerangka penelitian, lalu peraturan akademik program Magister, ringkasan kurikulum, dan mata kuliah wajib/pilihan. Serta diskusi tanya jawab seputar Kampus UTS.Menutup paparannya Dr. Saleh menyebutkan, “pada saat ini masih di dalam kondisi Pandemi Covid 19, maka per kuliahan akan dijalankan sesuai dengan kebijakan pemerintah. kita tidak diperbolehkan untuk kuliah klassikal atau kuliah offline sementara ini. Kuliah secara umum dilaksanakan secara daring (online) kecuali untuk kuliah-kuliah khusus akan dilaksanakan secara offline, tapi itupun tetap akan kita terapkan prosedur kesehatan secara hati-hati sesuai dengan prosedur yang ditetapkan kesehatan.

Semoga rekan-rekan mahasiswa baru angkatan ke-7 MI UTS dapat dengan sungguh dan serius mengikuti alur perkuliahan di Sekolah Pasca sarjana UTS. Melalui rekan-rekan kedepannya akan muncul inovasi atau ide-ide inovatif demi kemaslahatan masyarakat secara luas.” Pungkas Dr. Saleh. (IA-Ar)






  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)