Bupati Zahir, Kemiskinan Akan Terus Berkembang jika Program Sebatas Bantuan Sembako.

  • Bagikan

Medan | 24-03-2021, Bupati Batu Bara Ir H Zahir M.AP menyatakan bahwa kemiskinan akan terus berkembang jika pemerintah dan masyarakat hanya memberi bantuan sembako, karena bantuan bersifat sementara.

Tetapi kemiskinan dan masalah sosial lainnya akan cepat diatasi bila pemerintah dan masyarakat bekerja dengan pola memberdayakan masyarakat sesuai potensi diri dan potensi daerah tempat tinggal dalam penanganan kemiskinan di daerah, karena kemiskinan satu daerah sangat berbeda dengan daerah lainnya, seperti mata pencaharian, kultur, sumber daya penyandang masalah sosial itu.

Penegasan itu disampaikan oleh Bupati Batu Bara Ir H Zahir M.AP di acara Lounching buku Kebijakan dan Perencanaan Sosial di Indonesia, Rabu 24/03 di Aula Sisha Madani Hotel Jln Sisingamangaraja Medan.

Dihadiri Kepala Lembaga Layanan Dikti Wilayah I Sumatera Utara, Prof. DR. Ibnu Hajar, Rektor UMSU DR Agusani M.AP,  Guru Besar Unimed Prof DR Efendi Nafitupulu, Dari UISU DR. Dr Umar Zain Sp. PD,  Dari USU DR Ir Indra Nasution politisi PDI Perjuangan ini menyatakan bahwa kebijakan dari asfek Adm Pemerintahan adalah sebuah peroduk hukum dari seorang pemimpin baik di Pemerintahan Pusat, Propinsi, maupun tingkat Kabupaten dan Kota.

Kini dengan terbitnya buku Kebijakan dan Perencanaan Sosial di Indonesia karya penulis kalangan  Ilmuan Dr Mohd Yusri MSI dan Mantan Birokrat Drs Syaiful Syafri MM, telah menjadi bahan literasi bagi para Mahasiswa, Akademisi, Lembaga Kesejahteraan Sosial maupun para Pemimpin Pemerintah Daerah dan Desa untuk menjadi bahan pembelajaran dalam merencanakan program penanganan masalah sosial yang terus berkembang seperti kemiskinan, keterlantaran, korban bencana, dll untuk menjadi sebuah Kebijakan dari seorang pemimpin.

Untuk itu kata Politisi Partai PDI Perjuangan ini saya beli buku ini 1500 eksemplar untuk menjadi bahan bacaan para SKPD dan Pemerintah Kecamatan dan Desa melaui UMSU Pres agar percepatan penanganan kemiskinan, keterlantaran, korban bencana dan lainnya dapat secara cepat diatasi, apalagi isi buku ini menuliskan contoh kasus kebijakan saya selaku Bupati Batu Bara menangani pandemi covid 19 dan penanganan kemiskinan.

Acara bedah buku yang di moderatori Dr Rizka Harfiani M.Psi , menampilkan dua orang pembedah buku masing masing Wakil Rektor III UMSU DR Rudianto M.SI dan Parapat Gultom M.Eng Dosen Pasca Sarjana USU diinisiator Kepala UMSU Pres Muhammad Arifin Spd Mpd, kalangan akademisi, Pendamping PKH Mukhrizal Arif SPDI, MPD, Unsur Media Cetak dan Onlin serta diikuti ratusan peserta Zoom Meeting dari kalangan birokrasi di Sulawesi Selatan, Jakarta, Bandung , Medan, dan Kabupaten lainnya serta sejumlah Sarjana Pendamping Sosial PKH dan Mahasiswa.

Acara Lonching buku diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Laporan Kepala UMSU Pres, serta penjelasan kedua penulis dilanjutkan bedah buku oleh Parapat Gultom P.hD dan DR Rudianto serta kata sambutan dari Kepala LL Dikti wilayah Sumut Prof. DR Ibnu Hajar dan Rektor UMSU DR Agusani Msi. (Rahmat Hidayat)






  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)