Maksimalkan PAD Melalui Retribusi, Pemda Gadeng BRI

  • Bagikan

Sumbawa, Infoaktualnews.com –

Guna memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui retribusi, Pemerintah Kabupaten Sumbawa menggandeng PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Sumbawa Besar dalam proses pemungutan retribusi pedagang dan retribusi parkir di Pasar Seketeng berbasis retribusi elektronik (E-Retribusi).

Dimulainya kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama antara kedua pihak yang digelar di Lobi Kantor Bupati Sumbawa, Kamis (25/3).

Hal ini disambut baik Plh. Bupati Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, M.M. Dalam sambutannya, Haji Bas menyebutkan, implementasi E-Retribusi ini nantinya dapat memudahkan pedagang dalam membayar retribusi pasar serta dapat menyelesaikan permasalahan yang selama ini terjadi dalam pengelolan retribusi secara manual, karena E-Retribusi ini dinilai lebih efektif, efisien, serta lebih transparan dan akuntabel dalam meningkatkan PAD.

Ke depannya, ungkap Haji Bas berharap program E-Retribusi ini tidak hanya diberlakukan di Pasar Seketeng, tetapi juga dapat diimplementasikan di seluruh pasar-pasar tradisional di Kabupaten Sumbawa.

Menurutnya, selain lebih praktis dan aman, dana yang dibayarkan melalui E-Retribusi ini juga akan langsung masuk ke dalam kas daerah. “Dengan demikian, kegiatan perekonomian masyarakat kabupaten sumbawa akan dapat berjalan secara efisien, efektif, transparan dan akuntabel.” Pungkasnya.

Sementara itu, pemimpin PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Sumbawa Besar, Abdul Azis Setiawan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah KAbupaten Sumbawa atas kepercayaannya menunjuk BRI sebagai mitra dalam pengelolaan pembayaran digital di Pasar Seketeng.

Ia menjelaskan, ada beberapa keunggulan sistem transaksi berbasis elektronik ini, diantaranya transaksi menjadi lebih akuntabel, aman dan praktis. Sebab, menurutnya, selama ini pemasukan dari retribusi parkir untuk pasar dan pedagang rawan mengalami kebocoran baik besar maupun kecil, maka dengan transaksi dengan menerapkan pembayaran secara elektronik ini bisa mengurangi kebocoran tersebut. (IA-Dy*)






  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)