Upz!, Satu Paket Proyek Jalan 4 Miliar di Sumbawa Tender Ulang

  • Bagikan

Sumbawa, Infoaktualnews.com –

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sumbawa melalui Kepala Bidang Prasarana Jalan Muhammad Ikhsan, ST., menyatakan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia pada tahun anggaran 2021 ini menggelontorkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) hampir mencapai Rp 30 Miliar untuk menunjang program pembangunan dan pembenahan sejumlah ruas jalan yang dijadikan skala prioritas penanganannya di Kabupaten Sumbawa, ujarnya kepada awak media diruang kerjanya, Rabu (31/3).

Bantuan DAK tahun anggaran 2021 yang dikucurkan kepada Pemda Sumbawa melalui Dinas PUPR Sumbawa dimaksud kata Ikhsan akrab pejabat muda low profil ini disapa, terdiri dari DAK Afirmasi, Penugasan dan DAK Reguler dengan jumlah total ada 4 paket proyek. Antara lain yakni untuk DAK Afirmasi ada dua paket terdiri dari proyek pembangunan dan peningkatan jalan dalam kota Labangka serta SJP Ponan Moyo Hilir dengan nilai Rp 4 Miliar lebih, ruas jalan Toloi – Panubu sepanjang 2 Km lebih dengan nilai Rp 4 Miliar lebih.

“Sedangkan untuk DAK Penugasan yakni jalan Batudulang – Tepal senilai Rp 9 Miliar lebih dan DAK Reguler jalan Lantung Sepukur – Ropang senilai Rp 9 Miliar lebih, kata Iksan semuanya telah dilakukan proses lelang. namun sangat disayangkan ada satu paket yang gagal tender sehingga harus dilakukan tender ulang untuk jalan Toloi – Panubu, karena tidak ada rekanan kontraktor yang berminat, dan saat ini tengah dituntaskan kembali berkas dokumen lelang tendernya, sehingga diharapkan paling lambat akhir April mendatang sudah bisa penandatanganan kontrak dan kegiatan action fisik dilaksanakan,” papar Ikhsan.

Ikhsan juga menyatakan, proses lelang tender untuk paket proyek DAK ini seharusnya dilakukan saat pra DIPA di akhir tahun 2020 lalu (Nopember – Desember). Namun disebabkan Pemda Sumbawa ketika itu tidak punya anggaran untuk penyusunan anggaran dari paket dimaksud, akibat terjadi refocusing anggaran penanganan Covid-19.

Sehingga dialihkan lelang tender pada awal tahun 2021 ini, kendati demikian kami sangat optimis lelang tender ulang atas paket proyek jalan Toloi – Panubu akan dapat segera dituntaskan dalam bulan April mendatang.

Sedangkan untuk paket proyek jalan dan jembatan yang dibiayai pembangunannya menggunakan bantuan dana APBD Sumbawa tahun 2021 ini sambung Ikhsan, diakui memang sudah tercantum dalam APBD dan dijadikan skala prioritas bagi pembangunannya adalah penanganan jalan Talowa – Katompo Moyo Hulu senilai Rp 1 Miliar dan jembatan Sampa – Ai Ngelar Rp 1,3 Miliar, tetapi hingga saat ini belum ada kabar kepastiannya apakah alokasi anggarannya tersedia atau tidak, disebabkan terjadi refocusing anggaran bagi penanganan Covid-19 di daerah ini, tukas Ikhsan. (IA-aM)






  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)