Opini : Bangkitnya UMKM Kita

  • Bagikan

Sumbawa, Infoaktualnews.com –

Opini : Bangkitnya
UMKM Kita

Oleh : Abdul Maruf Rahmat (Mahasiswa Pascasarjana Magister Manajemen Inovasi UTS Universitas Teknologi Sumbawa)

Pandemik Covid 19 telah menerpa negeri ini selama lebih dari 1 tahun, menuntut kita untuk tetap eksis bangkit maju dan berkembang.

Malam ini saya bersama salah satu figur pengusaha lokal daerah Kabupaten Sumbawa yang telah melanglang buana menyelami kerasnya tantangan hidup baik di darat maupun di lautan dan menjadikan tantangan tersebut menjadi sebuah peluang sehingga mengantarkannya untuk merintis beberapa usaha ekonomi yang dibutuhkan oleh masyarakat kita.

Pada masa lalu, Saya adalah seorang pemuda yang sedang galau, bebas nggak punya arah, untuk memenuhi kebutuhan makan sehari hari mencari dari terminal ke terminal lainnya, Ungkap Murad. setelah menikah usaha beralih ke jual ikan bersama istri. Hal ini tidaklah menjadi usaha baru, karena dari kecil istri jualan ikan di pasar. Kemudian dari masa ke masa berkembang. meski demikian tidak selalu berjalan mulus, banyak onak dan duri yang dihadapi. Alhamdulillah bisa dilalui. Kata Murad bapak Lima anak ini.

Kami mengirim ikan ke luar daerah seperti Jawa dan Bali juga, kunci bisnis dan hidup saya selalu ingin membahagiakan orang. Katanya berkaca kaca haru.

Kendala yang dahulu dihadapi adalah Persaingan bisnis. inilah yang berat, namun setelah Bendera perusahaan dikenal banyak relasi, usaha menjadi lebih enak dan mudah. Memang tidak mudah mengelola ikan”, jelasnya. kita harus habiskan semua ikan yang kita beli, misalnya terbeli 30 – 50 ton / hari, maka stock tersebut harus habis, dari usaha ini kami mengenal banyak nelayan di Sumbawa, dari Tarano, Labangka, hingga Poto Tano, bahkan sekarang banyak yang memasukkan ikan untuk dipasarkan perusahaan. kami juga membiayai bagang dan nelayan juga.

Prinsip dalam bisnis adalah bisa saling menguntungkan. Perlu diketahui bahwa Untuk ikan tidak punya tarif, tergantung pasar, Berlaku hukum pasar, jika banyak permintaan maka harga naik, jelasnya.

Usaha yang dirintis sekarang adalah dorongan untuk bisa lebih bermanfaat bagi orang banyak, “sejatinya Saya sudah puas dengan usaha awal di bidang jual beli ikan, namun dorongan masyarakat dan Kolega untuk membuka lapangan kerja, sambil berjalan kami lakukan pembenahan demi puasnya konsumen di Restoran VRose. Pungkas Murad.

Menyimak kisah Pak Murad ini, bisa memberikan satu inspirasi bagi kita semua, bahwa setiap orang punya kesempatan untuk berusaha, Passion yang dimiliki setiap orang bisa menjadi berkah bagi sekitarnya, mulai dari keluarga, sanak famili dan masyarakat sekitarnya, Kegiatan UMKM perlu juga ditopang oleh Lembaga Keuangan, karena usaha kecil bisa menjadi besar manakala ada dorongan yang besar dari perbankan meskipun tidak semua UMKM punya akses langsung ke lembaga keuangan UMKM dapat memulai bisnisnya dari hal-hal kecil yang dimiliki, kemudian di tongkrongi diseriusi dan dipromosi, maka dengan perjalanan waktu pihak-pihak lain yang melihat peluang perkembangan usaha dapat membantu secara cara nyata sesuai dengan apa yang dibutuhkan. kita juga tahu bahwa lembaga keuangan memiliki analisa dan hitungan ekonomi kelayakan dari sebuah bisnis. dari kisah ini Pemerintah Daerah dapat memberikan kontribusi, support dengan menyiapkan regulasi, informasi serta akses langsung Permodalan kepada para pelaku UMKM.

Semoga UMKM kita kembali bergeliat. mari belanja di sekitar kita. (***)






  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)