Mantap!  Pertama di Pulau Sumbawa, Panen Raya Jagung (SAE) Ai Maja Lapas Sumbawa Sukses

  • Bagikan

Sumbawa, Infoaktualnews.com

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa Besar sukses menggelar panen raya jagung pada klaster pertanian Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Ai Maja, yang merupakan kerjasama Program Ketahanan Pangan Nasional antara Kementerian Hukum dan HAM RI dengan Kementerian Pertanian RI, yang berlangsung dengan lancar. Senin (5/4)

Tampak kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah bersama jajaran Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham NTB, Kepala Satuan Kerja Pemasyarakatan dan Imigrasi se-NTB, Bupati terpilih Kabupaten Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Kepala Dinas Pertanian, Sekretaris Dinas Peternakan dan Anggota Komisi II DPRD Sumbawa serta Dharma Wanita Persatuan Pengayoman Kalapas Sumbawa Besar.

Sementara itu saat ditemui awak media disela kegiatan tersebut, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa, HM. Fadli, MM., menyatakan bahwa  Panen Raya Jagung (SAE) Ai Maja memiliki luas dengan total 24 Hektar lahan yang dimiliki Lapas Sumbawa. Adapun 17 Hektar diantaranya ditanami jagung jenis Hibrida Bisi-18 dengan memberdayakan 25 orang warga binaan yang di Asimilasikan untuk mengikuti program pembinaan kemandirian bidang pertanian. ungkapnya.

Lanjut, Ia menjelaskan bahwa, panen raya jagung hari ini dilakukan dengan hasil yang cukup baik dan diperkirakan ada sekitar 9 – 10 ton jagung yang dihasilkan perhektar. Sehingga jika dikalikan dengan luas areal 17 Hektar, maka tidak kurang dari 153 ton jagung dihasilkan, ujarnya.

Kemudian di tempat yang sama, Kepala Kantor Wilayah Kemenkum dan HAM Provinsi NTB, Haris Sukamto mengatakan bahwa kegiatan pertanian ini selain mendukung program ketahanan pangan, juga merupakan bentuk pembinaan kemandirian bagi warga binaan sebagai bekal keterampilan saat kembali ke masyarakat. Karena itu, ia berharap sinergitas yang terjalin dengan semua pihak melalui program ini dapat mewujudkan SDM yang unggul dalam bidang pertanian.

“Kami juga berterima kasih kepada Pemerintah Daerah dan stakeholder yang terlibat karena telah bersama-sama memperhatikan warga binaan kami,” ucap Kakanwil Haris Sukamto.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Ir Syirajuddin juga mengungkapkan bahwa, sektor pertanian di Kabupaten Sumbawa merupakan penyumbang tertinggi pertumbuhan ekonomi di masa pandemi ini. Namun demikian pihaknya masih akan memastikan apakah hal tersebut dirasakan secara merata oleh para petani, dan harapan kami para petani menerima harga yang sesuai, dimana dengan suksesnya pertanian jagung di SAE Ai Maja ini.

Maka pihaknya dengan senang hati dan berkomitmen untuk turut serta mensukseskan program tersebut pada tahun berikutnya, dan bahkan sesuai dengan usulan kami dari Dinas Pertanian akan berusaha membantu bagi pembangunan jalan usaha tani dikawasan SAE Ai Maja Lapas Sumbawa, yang tentunya akan disesuaikan dengan alokasi anggaran yang tersedia. Pungkasnya (IA-aM*)






  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)