DLH Sumbawa: Sarpras Persampahan Pasar akan disiapkan

  • Bagikan

Sumbawa, Infoaktualnews.com –

Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa melalui Dinas Lingkungan Hidup (LH) tengah menyiapkan sarana dan prasarana (sarpras) persampahan untuk operasional Pasar Seketeng.

Kepala Dinas LH Kabupaten Sumbawa Abdul Haris, S.Sos., menyatakan bahwa, sarpras berupa container dan kereta sampah ini, dipastikan sudah ditempatkan di pasar setempat dalam waktu dekat. Selasa (6/4).

Dijelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan rehab terhadap container. Container ini selain untuk peningkatan kapasitas sarana terkait kebutuhan pelayanan persampahan, juga dikhususkan untuk memenuhi sarpras persampahan dalam rangka operasional Pasar Seketeng.

“Berdasarkan informasi, Pasar Seketeng akan dioperasionalkan sebelum bulan Ramadhan. Sarpras ini Insya Allah sebelum tanggal 10 April sudah dapat kami tempatkan di Pasar Seketeng,” ujarnya.

Sarpras yang akan ditempatkan minimal 4 container. Kemudian ditunjang 8 unit kereta sampah yang difungsikan khusus melayani dari dalam pasar menuju ke container sampah yang telah disiapkan.

“Kalau sebelumnya seperti di Pasar Kerato hanya kami tempatkan satu saja container. Tetapi di Pasar Seketeng yang baru karena tipenya pasar modern, maka kami menempatkan minimal 3 yang stanby. Begitu 1 unit diangkat maka stanby 3. Jika 3 unit ini tetap penuh dalam 1 hari, maka 3 unit ini harus terangkat setiap hari di Pasar Seketeng. Tidak boleh ada istilah negndap sampah,” terangnya.

Nantinya, lanjutnya, untuk operasional tetap diupayakan dengan anggaran yang sudah dianggarkan di Dinas LH dan berada di UPT Persampahan. (IA-*)



  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)