2.877 lansia Sudah vaksin di Kab. Sumbawa

  • Bagikan

Sumbawa, Infoaktualnews.com –

Pelaksanaan vaksinasi bagi para lansia, ditargetkan berlangsung hingga lebaran nanti. Namun, hingga saat ini, capaian programnya baru sekitar 58 persen.

Kepala Bidang Pencegahan pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Agung Riyadi, mengatakan, hingga Senin (3/5) sebanyak 2.877 lansia divaksin. Atau sekitar 58,57 persen. Dari target program vaksin lansia tahap pertama, sebanyak 4.910 target. “Ini harus tercapai hingga lebaran nanti,” ujar Agung, akrabnya disapa.

Saat ini, petugas di masing-masing puskesmas sedang bekerja. Ditargetkan, program vaksinasi ini akan dituntaskan Kamis (6/5) mendatang. Apabila belum mencapai angka 90 persen, maka vaksin yang ada di puskesmas akan ditarik kembali ke Dinas Kesehatan. Kemudian akan disalurkan kembali ke sejumlah puskesmas yang sangat siap melaksanakan vaksinasi.

Agung mengaku, memang ada sejumlah kecamatan yang target vaksinasinya masih rendah. Seperti di Kecamatan Labangka. Hal ini dikarenakan karena untuk menyukseskan program vaksinasi ini bukan tugas puskesmas semata. Semua pihak seharusnya ambil bagian untuk menyukseskan program ini.

Meski demikian, ada sejumlah kecamatan yang progres vaksinasinya melebihi target. “Bahkan sekarang mereka minta vaksin lagi. Tapi kami sudah tarik lagi ke Dikes,” terangnya.

Disinggung mengenai kurangnya sosialisasi vaksinasi lansia, Agung mengatakan bahwa sosialisasi vaksinasi ini tidak dibagi segmentasinya. Sosialisasi dilaksanakan secara umum. Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat atas pentingnya vaksinasi ini. Apabila sosialisasi ini dianggap masih kurang, menurutnya itu hal yang wajar.

Karena itu, pihaknya telah melakukan rapat bersama Kapolres, Dandim dan Sekda Sumbawa. Guna memperbaiki komunikasi yang belum maksimal demi kelancaran program vaksinasi. Bukan hanya untuk vaksinasi lansia saja. Sebab, pihaknya akan menghadapi tantangan yang lebih besar. Yakni pada progam vaksinasi untuk masyarakat umum. (IA-**)






  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)