Diusia Remaja, IDM Sermong Berubah Status Menjadi Desa Maju

  • Bagikan

Sumbawa Barat, Infoaktualnews.com-

Diusia yang baru Remaja, lagi-lagi Desa Sermong mendapat prestasi dengan prubahan statu menurut Indeks Desa Membangun (IDM) Sermong menjadi Desa Maju.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Sermong Rosidi S.Sos dalam sambutannya saat shalat Idul Fitri 1442 H, Kamis (13/5) di lapangan Desa Sermong yang kebetulan pertama kali seluruh unsur kepanitiaannya dari Remaja Masjid.

“Dalam kesempatan ini, Saya selaku Kepala Desa ingin menyampaikan bahwa Desa kita yang semula berstatus Desa berkembang, kini menjadi Desa Maju”, cetus Rosidi.

Bersumber dari Berita Acara tertanggal 1 April 2021 dimana menurut perhitungan Indeks Desa Membangun (IDM) sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengukuran Status Perkembangan Desa IDM dengan Hasil 0,7762 sehingga Sermong ditetapkan sebagai Desa Maju.

Rosidi menuturkan, ia sangat terharu melihat perkembangan Desa yang kurang lebih baru satu tahun yang lalu ditetapkan sebagai Desa berkembang, dan kini kembali Sermong menjadapat Status baru sebagai Desa Maju padahal dengan usia Desa yang masih terhitung remaja.

“Kemudian saya berterima kasih kepada seluruh warga masyarakat yang sampai kini tetap bersinergi untuk tetap mengaktifkan Posko PPKM Desa” lanjut Kades yang akrab dipanggil Poril tersebut.

Melihat Pandemi Covid-19 yang hingga kini belum usai, Rosidi juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh element masyarakat dan perangkat Desa yang senantiasa tetap bekerjasama dalam menjaga Kondusifitas terutama tetap aktif Terkait Posko PPKM Desa.

Selanjutnya, “Alhamdulillah, penyaluran bantuan dalam rangkah pemulihan ekonomi Nasional ditengah Pandemi Covid-19 tahap pertama sudah kita realisasi”.

Penyaluran bantuan tahap pertama tersebut, (5/5) kepada kelompok masyarakat yang sebelumnya mengajukan bantuan ke Desa dengan proposal, setelah melakukan verifikasi dengan mekanisme calon penerima bantuan yang ada, barulah Pemdes menyalurkan bantuan tersebut secara langsung.

“Karena pemulihan ekonomi Nasional akibat Pandemi Covid-19 ini, Pemdes Resmi membuat APBDes terkait Pemberdayaan Masyarakat” ucap Poril.

Program yang dimaksud tersebut adalah peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, dan meningkatkan perekonomian rakyat, dimana program pemberdayaan rutin dilaksanakan oleh Pemdes Sermong setiap tahunnya dan semua itu sudah dibuat dalam bentuk APBDes.

Terakhir, Rosidi memaparkan terkait dengan program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat yakni merealisasikan pilar 4 dan 5 STBM, ia berharap akhir mei ini Sermong Desa pertama Deklarasi tuntunan 2 Pilar Tersebut.

Setelah sambutan usai acara dilanjutkan dengan dipandu oleh MC Ahmad Risfan Tribhakty, S.P dengan susunan Acara yang sudah ditata rapi oleh panitia yang diketuai oleh Arsy Rosidarta. Sampai acara berakhir berlangsung dengan khidmat dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19. (IA-Gaff)






  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)