Waduh! Inilah Suasana Arus Balik Pasca Lebaran

  • Bagikan

Sumbawa, Infoaktualnews.com

Pasca Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah Tahun 2021 Masehi, khususnya pada hari H+5 kegiatan arus balik warga masyarakat yang terjadi baik melalui transportasi darat-laut pelabuhan penyeberangan Poto Tano KSB maupun yang menggunakan jasa penerbangan (Flight) melalui Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa sudah mulai dibuka sejak Selasa 18 Mei 2021 cukup ramai tidak seperti hari biasanya, menyusul adanya larangan mudik pekan sebelumnya.

Seperti di pelabuhan penyeberangan Poto Tano KSB arus balik dari dan ke pelabuhan Kayangan Lombok Timur terhitung sejak dibukanya kembali operasional penyeberangan kapal ferry angkutan penumpang dan barang Selasa (18/5) terlihat ratusan penumpang yang menggunakan kendaraan roda dua, mobil dan truck angkutan harus menunggu giliran (Antrian) untuk dapat masuk kedalam kapal penyeberangan.

Sehingga tidaklah heran kalau terlihat padat dan merayap diarea pelabuhan Poto Tano, sedangkan di Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa arus balik penumpang bar mencapai sekitar 70 persen.

Kepala Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa Tri Pono Basuki Wijianto SST dalam keterangannya kepada awak media Selasa siang (18/5) kemarin, membenarkan kalau pada hari pertama ini (H+5) pembukaan penerbangan pada Bandara Sumbawa penumpang yang menggunakan jasa penerbangan Wings Air jumlanya cukup signifikan mencapai sekitar 60 orang penumpang (70%) dari kursi (Sheat) yang tersedia, dengan jadwal penerbangan baru dapat terlayani (berangkat, red) pada siang hari karena terjadi delay, kendati demikian aktivitas penerbangan sudah mulai normal kembali.

Sesuai dengan juklak dan juknis dari Pusat terang Kabandara Tri Pono akrab pejabat low profil ini disapa, untuk pasca lebaran tahun ini tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Pusat.

Oleh karena itu, pemberlakuan surat keterangan pemeriksaan kesehatan Rapid Tes Covid-19 yang berlaku 1 x 24 jam wajib dikantongi oleh penumpang disamping tetap mengisi tujuan perjalanan melalui aplikasi EHAC. Dimana sebelumnya pada pra lebaran telah diberlakukan bagi penumpang wajib mengantongi surat keterangan Swab PCR – Antigen, tukasnya.

“Karena itu dihimbau kepada calon penumpang yang akan menggunakan jasa penerbangan melalui Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa, agar sebelum berangkat dapat menyiapkan kelengkapan rapid tes Covid-19, sebab Bandara Sumbawa tetap menerapkan prokes yang ditetapkan oleh Pemerintah dengan melakukan pemeriksaan ketat oleh petugas di Bandara, ini semua dilakukan dalam upaya kita bersama mengantisipasi penyebaran Covid-19,” pungkasnya .(IA-06)






  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)