Terkait Kualitas Air PDAM Wilayah Empang-Tarano, Politisi Hanura Angkat Bicara!

  • Bagikan

Sumbawa, Infoaktualnews.com –

Politisi Partai Hanura sekaligus Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Irwandi menyampaikan kekhawatiran terhadap kualitas air bersih PDAM di wilayah Kecamatan Empang dan Tarano.

Sementara itu saat ditemui awak media, Rabu (19/5) Irwandi menyatakan bahwa, standar kualitas air PDAM yang ada di Wilayah Empang dan Tarano perlu diperhatikan sebagaimana mestinya yakni menerapkan standar air Baku Air Bersih. Saat ini kondisi pengelolaan air Perumda Air Minum Batulanteh di wilayah Empang dan Tarano bersumber dari sungai yang ada di Desa Jotang.

Kondisi Air PDAM Wilayah Empang_Tarano

Kata Irwandi, Pipa Jaringan langsung masuk ke sungai kemudian didistribusikan ke jaringan PDAM yang terhubung kepada pelanggan yang ada di Kecamatan Empang dan Kecamatan Tarano.

Kendati demikian, kami berharap Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum Batulanteh agar memperhatikan kualitas air yang dikonsumsi warga. Menurut Politisi Hanura, bahwa PDAM sudah tidak lagi menjadi air minum tapi berubah menjadi Perusahaan air mandi.

“Kami meminta kedepannya perlu ada Pengolahan Air Baku dengan kualitas standar air yang baik sehingga sanitasi, kebersihan serta kualitas air dapat terjaga” tegasnya.

Bahkan berdasarkan pengamatan, Sambung Irwandi sapa akrab politisi hanura tersebut, untungnya air sungai yang ada di Desa Jotang masih tergolong jernih dan bagus namun bila masuk musim penghujan air yang ada akan keruh.

“Ingat! terkait persoalan tersebut, perlu segera disikapi oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Batu Lanteh, dan kami mendorong hal ini agar dapat dibahas di tataran pengambil kebijakan,” pungkasnya Irwandi

Untuk diketahui, sementara ini air sungai yang ada di Desa Jotang juga dimanfaatkan untuk keperluan irigasi pertanian sehingga tata kelola pemanfaatannya diharapkan dapat diatur secara baik. Sehingga tidak mengurangi atau mengganggu kebutuhan Pertanian PDAM perlu strategi lain untuk memenuhi kebutuhan air pelanggan. (IA-Ar/dy)






  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)