Mantap!, Progres Fisik Jaringan irigasi Tanju Dompu Capai 37 Persen

  • Bagikan

Sumbawa, Infoaktualnews.com –

Dalam tahun anggaran 2021 ini Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia dan Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara 1 (BWS-NT1) telah mengucurkan dana bantuan APBN mencapai Puluhan Miliar Rupiah bagi menunjang pembangunan dan pembenahan dua paket proyek jaringan irigasi di daratan Pulau Sumbawa. Khususnya pembangunan jaringan irigasi Tanju Kabupaten Dompu, kendati mengalami kendala terkait dengan pembebasan lahan masyarakat.

Namun pekerjaan action lapangan hingga menjelang akhir Mei 2021, dinilai berjalan On The Track sesuai dengan schedule program yang ditetapkan dengan progres fisik yang dihasilkan mencapai sekitar 37% (persen), ungkap Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Irigasi dan Rawa II SNVT-PJPA NT1 Sumbawa Adi Susianto ST M.Eng dalam keterangan Persnya kepada awak media diruang kerjanya Jum’at (20/5).

Kegiatan pembangunan dan pembenahan jaringan irigasi di Pulau Sumbawa dalam tahun anggaran 2021 ini hanya ada di Kabupaten Dompu terang PPK Adi Susianto, meliputi paket proyek pembangunan jaringan irigasi kiri dan kanan Bendungan Tanju, dengan pekerjaan pembangunan fisiknya dipercayakan kepada rekanan kontraktor dari Makasar Sulawesi Selatan.

Dimana dalam pelaksanaannya di lapangan tidak ditemukan adanya kendala yang berarti, kendati sempat terhenti kegiatan penggalian jaringan irigasi beberapa waktu, karena areal lahan tanah milik warga masyarakat ketika itu ditanami jagung. sehingga harus menunggu panen jagung selesai, namun program kegiatan pekerjaan pembuatan beton precast tetap berjalan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

PPK Adi Susianto juga menyatakan, kalau warga masyarakat sekitar proyek sangat mendukung kegiatan proyek pembangunan dan pembenahan jaringan irigasi Bendungan Tanju tersebut. Bahkan ada sekitar 40 orang warga (petani) setempat yang rela melepaskan sebagian lahan tanah miliknya diambil untuk kepentingan pembangunan proyek dimaksud, dengan menerima ganti rugi yang ditetapkan.

Dimana PPK tanah dan tim Appraisal bersama Pemda Dompu kini tengah berupaya untuk segera menuntaskan pembayaran ganti rugi lahan tanah milik masyarakat dimaksud.

“Yang jelas pelaksanaan pembangunan ratusan meter jaringan irigasi kanan dan kiri dari Bendungan Tanju Dompu itu sejauh ini tak ditemukan adanya kendala yang berarti. semuanya berjalan baik, dengan target progress fisik 39% hingga akhir Mei 2021 mendatang optimis akan mampu dicapai, mengingat hingga pertengahan Mei fisiknya telah mencapai sekitar 37%, tentu semua ini dicapai berkat adanya dukungan masyarakat dan Pemda Dompu, serta kinerja yang ditunjukkan oleh rekanan kontraktor pelaksana di lapangan, dengan dukungan sejumlah alat berat, tenaga tekhnis dan tenaga kerja lokal maupun ketersediaan pasokan sejumlah material yang dibutuhkan dalam keadaan standby dan ready di lokasi. Sehingga seluruh pekerjaan proyek akan dapat dituntaskan sebelum masa kontrak berakhir Nopember mendatang,” papar PPK Adi Susianto.

Sedangkan untuk kegiatan pembangunan dan pembenahan jaringan embung/bendungan di Kabupaten Sumbawa terang PPK Adi Susianto, beberapa hari lalu pihaknya mendapatkan informasi dari BWS bahwa Pemerintah Pusat telah mengalokasikan dana bantuan lewat APBN Perubahan 2021.

Dimana terkait hal tersebut, diperuntukkan khusus untuk menunjang kegiatan pembenahan jaringan irigasi di Kabupaten Sumbawa dengan nilai anggaran mencapai belasan Miliaran Rupiah. Dan saat ini tengah dipersiapkan dokumen proyeknya, dengan kegiatan action fisik di lapangan diharapkan sudah bisa dilaksanakan mulai Juni – Juli 2021 mendatang. begitu pula untuk pembangunan jaringan irigasi Bendungan Beringin Sila di Kecamatan Utan Sumbawa direncanakan dan diusulkan dapat terlaksana pada tahun 2022 mendatang yang disesuaikan dengan alokasi anggaran negara yang tersedia, pungkasnya.(IA-06)






  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)