Tangani Konflik Lahan, Perhutani Bandung Utara Kedepankan Pola Komunikasi Sosial

  • Bagikan

Guna menyelesaikan konflik lahan dalam kawasan hutan Perhutani melakukan lendekatan Komunikasi Sosial (komsos).

Langkah tersebut dinilai strategis, pasalnya konflik lahan memiliki dampak serius terhadap aspek ekologi dan sosial.

Administratur KPH Bandung Utara Usep Rustandi melalui KSS Hukum,Perencanaan & Penanganan Konflik Perhutanan Sosial Perhutani Bandung Utara, menyebutkan Komsos dengan melibatkan unsur masyarakat menjadi langkah logis untuk penyelesaian konflik lahan kehutanan.

” Kami intensif melakukan pola komunikasi dengan berbagai pihak untuk menyelesaikan konflik lahan dalam kawasan hutan,” ujarnua di Bandung, (25/5/2021).

Sebelumnya pada acara Diskusi soal pemberantasan mafia tanah, Endan menjelaskan pelaksanaan komsos yang dilakukan berbasis edukasi serta melibatkan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

” Jadi tidak sebatas dokumen kawasan hutan negara atau bicara peraturan. Masyarakat kami edukasi soal pentingnya keberadaan dan manfaat hutan,” tuturnya.

Luas kawasan hutan Perhutani Bandung Utara mencapai 20.560,36 hektar. Didalamnya terdapat 57 LMDH yang menjadi mitra Perhutani Bandung Utara dalam pengelolaan hutan.

Konflik lahan di kawasan hutan Perhutani Bandung Utara masuk dalam kategori strata B. Konflik laham
berupa pendirian pemukiman dan Sarpra pemerintah seluas 9,19 hektar.

Sejauh ini, lanjut Endan khususnya diwilayah Perhutani Bandung Utara komsos dinilai efektif menyelesaikan permasalahan konflik lahan lebih jauh untuk tindakan pencegahan.

” Tidak hanya penyelesaian masalah, komsos efektif untuk tindakan pencegahan,” sebutnya.

Komsos juga cukup ampuh memperluas berbagai unsur pemerintah maupun masyarakat untuk ikut terlibat dalam menjaga hutan.

” Komsos bisa menarik keterlibatan peran banyak elemen masyarakat, unsur pemerintahan di daerah. Ujungnya kami harapkan ada kesadaran bersama untuk sama sama menjaga hutan, ” pungkasnya. (fff)

 






  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)