Desa Sermong Deklarasi Tuntas Pilar 4 & 5 STBM

  • Bagikan

Sumbawa Barat, Infoaktualnews.com – Pemdes Sermong Deklarasi Tuntas Pilar 4 & 5 Sanitasi Total Berbasis Mandiri (STBM). Penuntasan dua pilar ini adalah bagian dari proritas kerja 100 hari Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat periode ke dua, bertempat di Aula Kantor Desa Sermong pagi tadi (27/5).

Hadir dalam acara tersebut Camat Taliwang Akunurrahmadin, S.Pd, Kepala UPTD Puskesmas Taliwang, Kapolsek Taliwang (Kanit Binmas Abdul Kadir), Danramil Taliwang (Babinsa Desa Sermong Saruji Husain), ASN dan PTT, BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda Desa Sermong.

Dalam sambutannya Kades Sermong Rosidi,S.Sos “saya ucapkan mohon maaf kepada Camat dan Ketua Pokja Tuntas pilar 4&5 STBM karena kami tetap melakukan deklarasi hari ini”.

Permohonan maaf tersebut dikarenakan setelah melakukan pengajuan untuk melakukan deklarasi, Pemdes dihimbau untuk melakukan kegiatan dihari Jum’at namun karena hasil rapat bersama ASN, PTT serta segenap lapisan masyarakat Desa sepakat di hari kamis maka Pemdes berkomitmen tetap melakukan sesuai kesepakatan sebelumnya.

“Kemudian, Saya yakin dengan hasil survei dari Pokja STBM untuk dua pilar ini tuntas” ucap Rosidi.

Mengingat, pilar 4 pengelolaan sampah rumah tangga sudah dilakukan dari dan pilar 5 pengelolaan limbah cair rumah tangga sudah sejak awal dilakukan, karena ini termasuk dalam visi misi Desa yang kebetulan singkronisasi dengan program Pemda sehingga dalam tahapan ini hanya melakukan beberapa hal salah satunya memperbaiki dan lebih memaksimalkan edukasi pada masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup bersih.

“Dalam kesempatan ini saya menghimbau kepada masyarakat Desa Sermong untuk tetap menjaga polah hidup bersih dan sehat, karena dengan demikian kita akan menjadi insan dan masyarakat yang Baik” imbaunya.

Sementara itu, Camat Taliwang Akunurmaddin, S.Pd dalam sambutannya “Saya ucapkan terima kasih kepada Pemdes, ASN, PTT dan seluruh lapisan masyarakat Desa Sermong yang telah tetap kompak siang malam dalam penuntasan 2 pilar ini”.

Hal tersebut, berdasarkan laporan tentang antusiasme oleh ASN, PTT, segenap unsur masyarakat desa yang secara swadaya melakukan tugasnya demi tuntasnya pilar 4 & 5 STBM khususnya dari segi anggaran, mengingat tidak ada sepeserpun anggaran yang turun dari Kabupaten.
“Karena itu, Sermong menjadi Desa pertama dan selalu yang pertama se-Kecamatan Taliwang serta se-KSB yang melakukan Deklarasi Tuntas pilar 4 & 5 STBM”.

Mengingat awalnya deklarasi hanya dilakukan tingkat Kecamatan saja, tapi karena Sermong melakukan permohonan akan ada Deklarasi ke Camat, sehingga kecamatan melakukan permohonan ke Pokja. Sehingga tindak lanjut dari situ sebelum deklarasi itu ada verifikasi melalui pokja yang turun ke desa dengan perolehan kesuksesan minimal 90% baru diperbolehkan melakukan Deklarasi

“Alhamdulillah, Desa Sermong mencapai nilai yang sangat memuaskan yakni 100%” cetus Camat Takota.

Dengan adanya kegiatan dan prestasi ini, kita bisa mengambil hikmah bahwa penuntasan STBM adalah bagian dari kita bersedekah, salah satunya bekerja siang malam dan saling menjaga kekompakan serta tetap mengutamakan senyum dalam setiap proses gotong royong di masyarakat.

“Saya sendiri merasakan, karena saya juga turun bersama kerja bersama masyarakat” tandasnya. (IA-Gaff)






  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)