Mantap,! Empat Paket Proyek Jalan di Sumbawa Serap DAK 30 Miliar

  • Bagikan

Sumbawa, Infoaktualnews.com Kepala Dinas pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melalui Kabid Bina Marga PUPR Kabupaten Sumbawa yang juga selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) sekaligus merangkap sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Muhammad Ikhsan, ST.,  menyatakan bahwa kalau dalam tahun anggaran 2021 ini Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia telah menggelontorkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK). Dan hampir mencapai sekitar Rp 30 Miliar untuk menunjang program pembangunan dan pembenahan sejumlah ruas jalan yang dijadikan skala prioritas penanganannya di Kabupaten Sumbawa dan optimis akan dapat dituntaskan hingga Nopember 2021 mendatang sesuai dengan kontrak. ujarnya kepada awak media, Kamis (3/6).

Bantuan DAK tahun anggaran 2021 yang dikucurkan kepada Pemda Sumbawa melalui Dinas PUPR Sumbawa, terang PPK Ikhsan akrab ia disapa, terdiri dari DAK Afirmasi, DAK Penugasan dan DAK Reguler dengan jumlah total ada 4 paket proyek.

Adapun proyek tersebut yakni DAK Afirmasi ada dua paket terdiri dari proyek pembangunan dan peningkatan jalan dalam kota Labangka serta SJP Ponan Moyo Hilir dengan nilai Rp 4 Miliar lebih, ruas jalan Toloi – Panubu sepanjang 2 Km lebih dengan nilai anggaran Rp 4 Miliar lebih.

Sedangkan untuk DAK Penugasan sambung Ikhsan, terdiri dari jalan Batudulang – Tepal senilai Rp 9 Miliar lebih dan DAK Reguler jalan Lantung Sepukur – Ropang senilai Rp 9 Miliar lebih. Dimana semuanya telah dilakukan proses lelang tender oleh ULPBJP Setda Sumbawa.

Kendati sempat ada satu paket yang gagal tender sehingga harus dilakukan tender ulang untuk jalan Toloi – Panubu, karena tidak ada rekanan kontraktor yang berminat, namun sesuai dengan kontrak keempat paket pekerjaan jalan itu telah dimulai dilaksanakan sejak 17 Mei 2021 lalu.

Menurutnya, saat ini empat rekanan kontraktor pelaksana sudah mulai bekerja melakukan action lapangan, rekayasan lokasi, membuat direksi kit, dropping sejumlah tenaga kerja, alat berat dan kendaraan operasional serta dropping stock material yang dibutuhkan.

Sehingga kami sangat optimis seluruh pekerjaan proyek pembangunan empat proyek paket jalan itu akan dapat dituntaskan hingga Nopember 2021 mendatang. Oleh karena itu, dukungan berbagai elemen masyarakat disekitar lokasi proyek sangat dibutuhkan, sehingga apa yang menjadi program Pemerintah dan harapan masyarakat itu dapat terwujud sebagaimana yang diharapkan, tungkasnya (IA-aM*)






  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)