Upz!, 202 Miliar Dana Terserap Pengadaan Setara Gabah Bulog Sumbawa

  • Bagikan

 

Sumbawa, Infoaktualnews.com – Proses pengadaan dan pembelian setara gabah selama kurun waktu lima bulan terakhir hingga awal Juni 2021 yang dilakukan oleh tim satuan pelaksana Bulog bersama mitra kerja di Sumbawa dan KSB sejauh ini dinilai berjalan lancar dan tak ditemukan adanya kendala.

Bahkan dari hasil evaluasi yang dilakukan justru serapan setara gabah yang dihasilkan melebihi dari target pengadaan tahun 2020 lalu dengan nilai dana yang telah terserap mencapai sekitar Rp 202 Miliar, ujar Kepala Perum Bulog Kancab Sumbawa Kurnia Rahmawati, STP., kepada media ini, Sabtu (6/6).

Lanjut Nia menyatakan bahwa, dari program kegiatan pengadaan yang dilakukan dengan tidak mengenal waktu termasuk memanfaatkan hari libur seiring dengan panen padi petani yang melimpah baik di Sumbawa dan KSB.

Maka hasil evaluasi yang dilakukan atas serapan setara gabah per 4 Juni 2021 sebesar 38.103,42 ton atau mencapai 193.50% dari target sampai dengan Juni 2021 atau 65,37% dari target tahun 2021, dengan nilai anggaran yang telah terserap sekitar Rp 202 Miliar. ungkapnya.

Jumlah serapan setara gabah ini dinilai melebihi realisasi pada tahun 2020 lalu yang hanya mencapai 24 393,70 ton setara gabah terang Nia akrab srikandi muda ini disapa, dengan jumlah stcok hingga 4 Juni 2021 sebanyak 26.958 ton setara beras atau cukup untuk kebutuhan sampai 45 bulan ke depan atau sampai dengan bulan Februari 2025.

Sehingga kita tidak perlu khawatir akan ketersediaan pasokan beras yang dibutuhkan, Sambung Nia, dan untuk mengurangi space gudang yang kini semuanya dalam keadaan penuh. maka Bulog Sumbawa masih menunggu permintaan bagi menunjang program pengiriman beras keluar daerah (Moveoutnas).

Menurutnya, dengan meningkatnya serapan setara gabah yang dilakukan Perum Bulog Sumbawa. tentu tidak bisa terlepas dari adanya kerjasama dengan sejumlah pihak terkait.

Baik itu dari Pemda Sumbawa dan KSB, para mitra kerja maupun para petani itu sendiri. Oleh karena itu pihaknya atas nama jajaran Bulog menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang mendalam, sehingga program pengadaan yang dilakukan Bulog dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar sebagaimana yang diharapkan, tutup Nia. (IA-aM)






  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)