Inilah! Tiga Paket Proyek Strategis 2022 Pemda Sumbawa

  • Bagikan

Sumbawa, Infoaktualnews.com – Pemda Sumbawa kini memprioritaskan tiga paket proyek strategis yang masuk dalam daftar usulan untuk mendapatkan alokasi anggaran dari Pusat, agar dapat terealisasi program pembangunan fisiknya pada tahun anggaran 2022 mendatang yang menyerap anggaran puluhan Miliar Rupiah.

Baik itu terkait dengan Rencana Induk Sistem Pengelolaan Air Minum (RISPAM) Ai-Ngelar, Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) di Raberas Kelurahan Seketeng Kecamatan Sumbawa maupun pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Lekong Kecamatan Alas Barat.

Ket. Foto: Salah Satu Program Pemerintah dalam Pembangunan Daerah (Ist)

 

Sebagaimana dijelaskan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumbawa Abdul Haris S.Sos., Menyatakan khusus untuk paket proyek pembangunan TPA Lekong di Alas Barat itu seluruh kelengkapan dokumen yang dibuktikan sudah dalam keadaan lengkap termasuk soal Detail Engeneering Desain (DED) dan rekomendasi perizinan tekhnis lainnya sejak tahun 2017 lalu. dan bahkan telah mendapat kabar baik lampu hijau dari Pusat melalui pihak Kementerian yang menyetujui anggaran biaya pembangunannya mencapai sekitar Rp 20 Miliar pada tahun 2021 ini, akan tetapi terjadi refocusing anggaran sehingga ditunda pembangunannya pada tahun 2022 mendatang. ungkapnya saat ditemui awak media diruang kerjanya, Rabu (9/6).

Lanjutnya, ia mengungkapkan bahwa, Pembangunan TPA Lekong tersebut dijadikan skala prioritas pengusulan biaya pembangunannya ke Pusat terang Haris akrab ia disapa, tentu dengan berbagai pertimbangan antara lain karena TPA Lekong itu lokasinya sangat strategis berada diujung bagian Barat Sumbawa yang diharapkan akan dapat menampung dan mengelola volume sampah yang dihasilkan dengan lebih baik kedepan.

Disamping itu, seluruh dokumen perencanaannya sudah rampung dengan Detail Engeneering Desaian (DED) maupun dukungan Amdal dokumen UKL-UPL dan dokumen lainnya telah lengkap, dengan luas lahan TPA Lekong mencapai 6,77 Hektare.  namun dengan adanya perubahan nomenklatur baru maka terkait dengan DED yang sudah ada harus segera dilakukan review kembali termasuk soal Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) di Raberas Kelurahan Seketeng Kecamatan Sumbawa yang kini menjadi tugas Dinas PUPR Sumbawa, katanya.

Sementara itu, ditempat terpisah saat ditemui Media ini, Kadis PUPR Sumbawa melalui Kabid Air Minum dan Sanitasi Erma Hadi Suryani, ST., menjelaskan terkait dengan review Rispam dan DED Ai-Ngelar Sumbawa itu telah dilakukan kegiatan ekspose di Mataram 28 Desember 2020 lalu dihadapan Pemprov dan BPPIW-NTB. setelah sebelumnya telah dilakukan proses pembahasan secara intensif oleh tim Asistensi Pemda Sumbawa, baik itu menyangkut soal review dokumen Rencana Induk Sistem Pengelolaan Air Minum (RISPAM), penyusunan Detil Engeneering Desain (DED) Ai-Ngelar maupun laporan DED Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Raberas.

Pemda Sumbawa berharap kedepan sejumlah rencana pembangunan yang diprogramkan dan direncanakan itu, akan dapat direalisasikan dan diwujudkan sebagaimana yang diharapkan, terutama berkaitan dengan dukungan dana bantuan dari Pemerintah Pusat melalui BPPIW-NTB untuk menunjang kegiatan pembangunan fisik atas sejumlah paket proyek yang diprogramkan itu, kata Erma Hadi Suryani,

Dimana pembahasan secara komprehensif oleh tim atensi Pemda Sumbawa, terkiat dengan review atas RISPAM yang telah dibuat tahun 2015 lalu oleh Dinas PU sebelumnya. dengan menyusun rencana induk SPAM Sumbawa hingga tahun 2035 mendatang, termasuk soal DED Ai-Ngelar itu diharapkan paling tidak pada tahun 2022 mendatang dapat dilanjutkan dengan pembangunan dan pembenahan atas sejumlah jaringan pipa pelanggan Perumdam Batulanteh, dengan sinyal lampu hijau dari Pusat dialokasikan bantuan anggaran mencapai sekitar Rp 90 Miliar, paparnya.

Begitu pula terkait dengan DED-IPLT terang Erma Hadi Suryani, dengan rencana lokasinya dikawasan TPA Raberas Sumbawa, juga diharapkan realisasi pembangunan fisiknya dapat didukung dengan bantuan anggaran dari Pemerintah Pusat pada tahun anggaran 2022 mendatang, dan saat ini kami tengah menyusun usulan anggaran bagi review DED atas sejumlah paket program yang diusulkan kepada Pemda Sumbawa, termasuk pembangunan IPA berkapasitas 100 liter/detik dan jaringan perpipaan SPAM Ai-Ngelar, TPA Lekong Alas Barat dan pembangunan IPLT Raberas, tungkasnya. (IA-aM*)






  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)