Upz! LBH Keadilan Sarea Laporkan Oknum Desa Karang Dima Ke Kejaksaan

  • Bagikan

SUMBAWA, Infoaktualnews.com – Lembaga Bantuan Hukum Keadilan Samawa Rea (LBH Keadilan Sarea) pada Rabu (9/6) lalu, secara resmi telah melaporkan dugaan Penjualan Aset Desa yang terjadi di Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas ke Kejaksaan Negeri Sumbawa.

Divisi Analis Hukum di LBH Keadilan Sarea Randa Jamra Negara mengungkapkan, laporan ini didasarkan atas informasi yang berkembang di tengah masyarakat serta hasil pengumpulan data dan informasi selama 1 bulan terakhir.

Adapun materi yang disampaikan kepada APH antara lain, atas adanya Indikasi Penggelapan dalam jabatan yang dilakukan oleh oknum Perangkat Desa terhadap Penguasaan Aset Desa berupa tanah seluas (+-)15.500m² yang terletak di Dusun Kayangan, yang dialihkan menjadi milik pribadi beberapa oknum Perangkat Desa bahkan telah memiliki SHM atas nama pribadinya.

“Kami berpandangan bahwa peristiwa ini bertentangan dengan Pasal 8 UU No. 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,” ujar Randa Jamra Negara.

Bahkan dari beberapa sumber informasi terpercaya yang pihaknya telah mengantongi objek aset desa yang diduga  telah terjadi transaksi jual beli tanah pada tahun 2019.

“Atas laporan yang kami sampaikan ini, Kami meminta kepada APH dalam hal ini, Kejaksaan Negeri Sumbawa untuk dapat ditindaklanjuti dan mendapat atensi, mengingat terdapat potensi kerugian negara,”katanya.

Terpisah Kasi Inteljen Kajari Sumbawa Anak Agung Juniartana Putra,SH mengatakan bahwa terkait dengan laporan yang telah dilaporkan oleh Randa Jamra Negara, Divisi Analis Hukum di LBH Keadilan Sarea. Dia mengaku bahwa saat ini berkasnya sedang ditelaah oleh kejaksaan.

“Laporannya sedang kita telah. Dan jika laporannya memenuhi unsur maka akan segera dilakukan pemenggilan,”singkatnya. (IA-dy)







  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)