Mantap!, HUT Sumbawa Ke-63, Puluhan Desa Raih Prestasi “Gemilang”

Sumbawa, infoaktualnews.com – Sejumlah desa di Kabupaten Sumbawa sukses meraih prestasi atas capaian kinerjanya. Di antaranya 10 desa ditetapkan sebagai desa cerdas oleh Kementerian Desa.

Kemudian ada 24 desa yang mendapatkan alokasi kinerja karena berkinerja baik dengan laporan keuangan yang sesuai dengan yang diharapkan oleh Kementerian Keuangan.

Berikutnya, ada 10 desa yang ditunjuk sebagai desa inklusi oleh Kementerian Desa. Kemudian Desa Jorok berhasil keluar sebagai juara Kampung Sehat Tahun 2021 Tingkat Provinsi NTB.

Sederet prestasi tersebut menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa Rachman Ansori patut menjadi kado untuk memeriahkan HUT ke-63 Kabupaten Sumbawa 22 Januari mendatang.

“Menjelang HUT Kabupaten Sumbawa ke 63, desa-desa se- Kabupaten Sumbawa sudah menunjukkan geliatnya. Sesuai arahan Pak Bupati, kita semuanya harus menunjukkan Sumbawa Gemilang Berkeadaban,”kata Ansori, Senin (17/1) di ruang kerjanya.

Tidak hanya itu kata Ansori, sederet prestasi lain yang telah diraih, yakni prestasi Desa Labuhan Sangur yang ditetapkan sebagai desa pesisir untuk lingkungan hidup. Kemudian ada Desa Songkar yang sukses menjadi juara 3 Posyandu Tingkat Provinsi.

Berikutnya, Tim Pokja MPL saat ini sedang mempersiapkan untuk mewujudkan kabupaten ODF atau bebas BAB. Salah satu pilar dari STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat)

“Mudah-mudahan bisa kita raih dan bisa dideklarasikan pada 22 Januari. Ini pun tidak lepas dari peran serta seluruh pemerintah desa dan masyarakat desa untuk mewujudkan desa Open Defecetion Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan. Sehingga Kabupaten Sumbawa dalam waktu dekat akan diverifikasi oleh tim provinsi,” Katanya melanjutkan penjelasan.

Adapun yang terbaru, yakni Bupati Sumbawa baru saja meresmikan Kantor Desa Tatebal Kecamatan Lenangguar.

“Itu salah satu kinerja desa dari Dana Desa 2021. Dan masih banyak yang belum diresmikan, tetapi secara simbolis Pak Bupati kemarin sudah meresmikan salah satunya,” pungkasnya. (IA-**)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)