Gali Aspirasi Sekolah Lapang, Lakpesdam NU Sumbawa Gelar Penggalian Gagasan  Desa Lantung

Sumbawa Besar, Infoaktualnews.com – Tim P3PD Lakpesdam PCNU Sumbawa menggelar Team Building dan Penggalian gagasan Pengurus Sekolah Lapang Desa Inklusif, (10/07/2024) bertempat di aula kantor Desa Lantung Kecamatan Lantung Kabupaten Sumbawa, untuk menggali potensi yang ada di Desa.

Kegiatan tersebut dihadiri Pengurus Sekolah Lapang Desa Lantung, Kepala Desa Lantung Rudi Satria dan tokoh masyarakat Desa Lantung.

Kepala Desa Lantung Rudi Satria menyampaikan dalam sambutannya, pertama sekali kami ucapkan terima kasih kepada tim Lakpesdam PCNU Sumbawa yang sudah hadir di tengah tengah kita, ini menjadi ajang silaturrahmi kemudian yang kedua ini menjadi proses penguatan kapasitas perencanaan pembangunan, terutama kelompok rentan di desa, dalam program ini bahwa keterlibatan mereka perlu sebagai bentuk keterbukaan dalam asas pemerataan pembangunan.

“Agenda kita terkait dengan penggalian sekolah lapang, semoga dengan adanya pembinaan dan pendampingan ini semoga bapak ibu bisa untuk nanti memahami apa sih isinya dari sekolah lapang ini dan bisa kita terapkan di tengah tengah masyarakat, karena pendampingan ini begitu penting untuk kemajuan desa,” tuturnya.

Untuk diketahui pada konteks personal kelompok rentan cenderung menutup diri kepada publik karena keterbatasan mereka, maka melalui program ini mendorong pemahaman mereka terkait pentingnya sumbangsih pemikiran mereka dalam memenuhi kebutuhan pelayanan pemenuhan hak mereka sebagai bagian dari masyarakat desa.

“Kami berharap bahwa pendampingan ini bukan hanya sekedar pendampingan tetapi ada harapan dari pemerintah desa dan masyarakat bahwa pendampingan ini bisa kita realisasi dalam bentuk nyata banyak perubahan perubahan yang ingin kita lakukan mudah-mudahan dengan sinergitas kita bersama di sini,” ujarnya.

Ketua Lakpesdam PCNU Sumbawa Muhazi Ramadhan dalam sambutannya mengatakan kegiatan team building dan penggalian gagasan sebagai upaya untuk meningkatkan hubungan sosial dalam suatu tim dengan melakukan kolaborasi berbagai tugas-tugas di desa serta dilakukan penggalian potensi dan memunculkan aspirasi masyarakat di desa.

“Oleh karenanya untuk membentuk tim yang hebat membutuhkan banyak keterampilan dan perencanaan matang dalam melaksanakan setiap program yang ada” ujarnya.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan dan komitmen dalam mensukseskan Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD) Sub komponen 2B Kerjasama antara Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan Lakpesdam PBNU tentang peningkatan kapasitas masyarakat dan sistem akuntabilitas sosial di desa serta menjaga stabilitas lingkungan di desa.

”bahwa hal tersebut merupakan upaya komprehensif dalam meningkatkan kapasitas dan partisipasi masyarakat desa untuk mendorong kualitas pembangunan desa yang demokratis,berkeadilan, dan Berkeadaban” singkatnya. (IAN-Red)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)