Silaturahmi Jadi Resep Andalan Widi, Pemilik Bisnis Kedai Kopi Salarea

27

Kopi memang ampuh menghadirkan ruang-ruang interaksi. Ya, kekuatan itulah yang menjadi semangat bagi Widi Sabana menjalankan usaha kedai Kopi Salarea.

Unik memang, kendati lokasi kedai kopi Salarea dijalan Kanayakan Baru nomor 51, Dago, Kota Bandung merupakan kawasan kedai kopi, Widi mengaku, baginya bisnis kopi bukan suatu persaingan.

” Disini ada banyak kedai kopi, tapi buat saya ga kepikiran bersaing ya, saya fokus saja bagaimana caranya orang-orang bisa silaturahmi disini, bisa berbagi, curhat ya yang manfaatlah,” ujarnya, di Bandung, Rabu (26/08/2020).

Prinsip tersebut cespleng membuat kedai kopinya ramai dikunjungi, setiap hari kedai kopi Salarea rata-rata menjual kopi sebanyak 100 cup. Dari puluhan menu yang tersedia, es kopi susu Salarea yang paling diburu.

Disamping keyakinannya akan kekuatan silaturahmi, Widi tetap mengedepankan pelayanan untuk kepuasan pengunjung. Salah satu caranya, ia menerapkan pola berbeda pada baristanya.

” Barista di Salarea ini semangatnya dibangun seperti owner, jadi ada rasa memiliki terhadap usaha. Dengan begitu ia bisa memberikan pelayanan yang bagus buat custumer. Karena ingin usahanya maju,” ungkap suami dari Ivira Nadawati.

Sejalan dengan semangatnya yang senang bersilaturahmi, nama Salarea pun diambiknya dari iistilah bahasa Sunda yang bermakna bersama-sama.

” Nama Salarea itu sudah kita buat sejak mulai bisnis kopi dari tahun 2014,” jelasnya.

Disamping gandrung disilaturahmi, kunci keberhasilan Widi dalam menjalankan usahanya ialah rajin berbagi. Kedai kopi bagi Widi tidak melulu soal bisnis, tapi ada nilai berbaginya.

” Bisnis kopi ini bagian dari kerja ikhlas, silaturahmi dan berbagi. Lagi menutun berbagi, apalagi ramai ya berbagi juga,” ujar ayah dari Antares Arrasyid dan Afifa Nisa Arrasyid.

Ketika ditanya seputar bisnis kopi dikota Bandung, lagi-lagi spirit berbagi juga tetap tercetus.

” Biar hidup bisnis kopi di kota Bandung, harus saling Support ketika ada kedai kopi yang sudah besar, dikenal jangan pelit berbagi ilmu ,berbagi informasi mengenai rekomendasi kopi dan lainnya,” pungkas pria yang selalu bersikap ramah tersebut.(dyd)