Ketua Buana Kab Bandung, Ahyat : Soal Pilkada, Kami Hanya Dukung Kandidat Yang Punya Komitmen Berantas Narkoba

142

Saya belum melihat ada pasangan calon yang punya gagasan soal pemberantasan narkotika. Padahal ini masalah serius di kabupaten Bandung,” demikian dikatakan ketua LSM Budaya Anti Narkotika Nasional ( Buana) Ahyat Kurniawansyah, dikawasan Antapani Bandung, Jumat (9/10/2020).

Apa yang disampaikan Ahyat menyusul tingginya jumlah pengguna narkoba di Kabupaten Bandung.

” Tahun 2019 data dari Kementrian sosial pengguna narkotika di kabupaten Bandung 28 ribu orang ini jumlah yang serius,” ujarnya.

Sementara ditahun yang sama di Jawa Barat jumlah pengguna narkoba yang terdeteksi oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) di Jawa Barat mencapai 800 ribu orang.

Disebutkan dia, penyalahgunaan narkoba sangat berpengaruh terhadap proses pembangunan daerah. Terlebih bila menyasar generasi muda.

” Jelas merusak generasi muda, mereka menjadi lemah. Ini ditambah dampak-dampak lainnya. Bisa keamanan, bahkan ekonomi dan ini menjadi beban daerah,” bebernya.

Kendati masalah serius, Ahyat menyayangkan masalah narkoba luput dari perhatian para kandidat calon kepala daerah di Kabupaten Bandung.

Selanjutnya secara terbuka Ahyat menyampaikan pihaknya akan mendukung kandidat yang punya langkah yang logis dan kongkrit memberantas narkoba.

” Sejauh ini belum ada saya lihat. Tidak tahu kalau kedepan. Kami akan dukung kandidat yang punya konsep jelas memberantas narkoba. Ini komitmen kami, Buana sebagai lembaga yang memerangi narkoba,” ungkapnya.

Kerugian akibat penyalahgunaan narkoba, lanjut Ahyat mencapai tahap yang kritis.

” Bayangkan tidak hanya korban jiwa tapi bisnis narkoba ini sudah sampai puluhan triliujan rupiah. Kalau ini dicegah uangnya buat hal produktif, atau misal untuk membangun banyak desa luar biasa besar,” pungkasnya. (sas)