Gegara Ledakan Aki, 75 Rumah di Desa Batu Rotok Hangus Terbakar, Brimob NTB Tanggap Laksanakan Giat Kemanusiaan

3

Sumbawa, NTB – Infoaktualnews.com,- Sebanyak 75 rumah di Desa Batu Rotok Kecamatan Batu Lanteh Kabupaten Sumbawa hangus terbakar, Sabtu (7/11/2020) sekitar pukul 15.10 WITA.

Kebakaran tersebut diakibatkan oleh meledaknya aki di salah satu rumah warga setempat sehingga menyebabkan puluhan rumah tersebut rata dengan tanah. Api cepat menyebar dan melahap puluhan rumah tersebut, akses yang sulit menuju desa tersebut menyebabkan tidak adanya bantuan pemadam kebakaran yang cepat.

Sehingga Anggota Kompi 1 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda NTB yang termasuk dalam Satgas Aman Nusa II Tanggap Bencana Kebakaran dengan menggunakan 10 Unit R2 segera menuju lokasi untuk melaksanakan giat Kemanusiaan serta pemberian bantuan berupa beras dan makanan instan.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB Ir I Gusti Bagus Sugihatha dalam laporannya mengatakan, korban terdampak 91 kepala keluarga atau 280 jiwa, sementara korban jiwa tidak ada.

Saat ini pihak BPBD Provinsi NTB terus berkoordinasi dengan Kepolisian, BPBD Kabupaten Sumbawa dan Dinas Sosial Provinsi NTB untuk menangani korban dampak kebakaran.

BPBD Provinsi NTB saat ini telah menyiapkan bantuan logistik untuk didistribusikan ke lokasi kejadian bencana kebakaran, berupa selimut, terpal, matras, family kidware, paket kebersihan, celana dalam, pembalut, serta pakaian sekolah.

Sementara pihak Polres Sumbawa masih kesusahan mengakses ke lokasi karena situasi jalan yang rusak.

Saat ini kobaran api sudah berhasil di padamkan pada pukul 19:24 wita, masyarakat Desa Batu Rotok serta Brimob dan BPBD Kab. Sumbawa terus berupaya membersihkan sisa-sisa puing bangunan yang hangus akibat kebakaran.

Desa Batu Rotok adalah desa yang berada di dataran tinggi serta akses yang masih sulit sehingga pemadam kebakaran tidak dapat menuju ke desa tersebut. (Rahmat Hidayat)