Sat Polairud Polres Lobar Pantau Perkembangan Cuaca, dan Tetap Siagakan Kapal Patroli

6

Lombok Barat – Infoaktualnews.com,- Satuan Polisi Air dan Udara Polres Lombok Barat, melakukan tindakan preventif melalui kegiatan patroli yang menyasar warga pesisir di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat, Minggu (8/11).

Kasat Polairud Polres Lombok Barat Iptu Turmuzi mengatakan kegiatan preventif yang dilakukan jajarannya meliputi kegiatan Patroli monitoring wilayah pesisir pantai Cemare.

“Melakukan himbauan-himbauan terkait perkembangan cuaca akhir-akhir ini, dimana semakin tidak menentu,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan patroli ini juga dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya Curat, Curas dan Curanmor di wilayah pesisir, serta tindak kriminal lainnya.

“Mengingatkan kepada para pedagang yang ada di sekitar pantai cemare serta warga cemare, agar selalu berhati-hati serta untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” imbuhnya.

Diingatkan untuk selalu menggunakan masker, jaga kebersihan lingkungan dan jaga jarak, serta sosialisasi Perda no 07 th 2020 tentang penanggulangan penyakit menular.

“Dimana saat ini sudah diberlakukan Perda NTB no 7 tahun 2020, agar tetap mematuhi ini sehingga terhindar dari sanksi, baik sanksi sosial hingga sanksi denda,” imbaunya.

Selain itu, kepada nelayan yang akan melaut mencari ikan juga dihimbau untuk memperhatikan keselamatan, agar terhindar dari kecelakaan laut.

“Agar menggunakan alat-alat kesematan sperti lifejacket, pelampung, dan selalu memperhatikan cuaca pada saat melaut, mengingat akhir – akhir ini cuaca tidak menentu, kadang-kadang hujan disertai angin kencang,” katanya.

Situasi perairan lembar dan sekitarnya sampai saat ini landai, namun demikian personel Sat Polairud Polres Lobar di Pos Lembar, tetap mengecek peralatannya sebagai bentuk kesiapsiagaan.

Sedangkan untuk di sekitar pangkalan Senggigi, dilakukan pemantauan serta himbauan kepada masyarakat dan pengunjung pantai Senggigi.

“Diingatkan dan selalu diingatkan kepada pengunjung, agar tetap melaksanakan protokol kesehatan terkait pencegahan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Dari hasil pemantauan hingga saat ini arus pelayaran barang dan jasa masih normal,  pasang surut air laut normal, serta Kapal Sat Pol Airud Lobar tetap disiagakan dipangkalan. (Rahmat Hidayat)