Dimasa Husni Djibril Milyaran Dana Krabat Digelontorkan, Inilah Kata Petani di Kec. Moyo Utara

124

Sumbawa, InfoaktualNews.com –

Sejak ditetapkan jadi Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa pada pergelaran pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang, Kali ini, calon Petahana HM. Husni Djibril (Bupati, red) kembali bertarung untuk merebut simpati rakyat berpasangan bersama HM. Ikhsan Majid. Pasangan calon nomor urut 1 Husni-Ikhsan tersebut mengusung tagline Sumbawa Hebat dan Bermartabat Yang Lebih Maju untuk melanjutkan pondasi pembangunan daerah yang sudah diletakkan demi wujudkan kemashalatan dan kesejahteraan masyarakat Tanah Samawa.

Berbagai respon serta tanggapan kalangan masyarakat tentang keberhasilan membawa perubahan di Tanah Samawa ini dibawah kendali kepemimpinan Pak Husni Djibril (Bupati, red). Salah satunya, dengan digelontorkan dana milyaran rupiah Dana Kredit Sahabat (Krabat) yang diluncurkan sejak tahun 2017 lalau hingga 2019. Program tersebut diperuntukan untuk membantu para petani tidak mampu yang ada di Tanah Samawa ini, namun pada tahun 2020 terkendala Covid-19.

Selama tiga tahun berjalan, Program unggulan pemerintah HM. Husni Djibril, telah sukses membebaskan puluhan ribu petani miskin hingga pelosok Kabupaten Sumbawa dari jeratan rentenir.

Sementara itu, tim media InfoaktualNews.com, Kamis (19/11) mencoba temui berbagai koresponden dari kalangan masyarakat petani yang telah merasakan asa manfaat dari program tersebut. Salah satu warga di desa kukin kec. Moyo Utara, Masia yang didampingi beberapa warga mengungkapkan bahwa program kredit sahabat atau Krabat dimasa pak Husni (Bupati, red) banyak membantu dan meringankan beban masyarakat petani yang tidak mampu. Kata dia, Apabila kami tidak memiliki modal ketika musim tanam datang, Maka melalui dana kredit sahabat tersebut diberikan kemudahan dan kami para petani merasa terbantu dengan program yang diluncurkan Pak Husni (Bupati, red).

“Allhamdulillah dengan keberadaan program tersebut kami selama ini terbantu, Terimakasih pak bupati (Husni Djibril) kami do’akan bapak terpilih kembali untuk memimpin Tanah Samawa ini,” ungkapnya

Hal senada juga diungkapkan Jamaluddin menyatakan selama kepemimpinan pak Husni (Bupati, red) telah banyak menorehkan bantuan yang bersifat menyentuh langsung ke masyarakat terutama para petani yang ada di kecamatan Moyo Utara. Apalagi dengan adanya program kredit sahabat tersebut, Kami para petani yang tidak mampu merasa terbantu dengan keberadaan program tersebut. ungkapnya.

Terlebih kata dia, Pak Husni itu orangnya baik dan peduli kepada masyarakat serta tidak ada sekat dengan rakyatnya. Kendati demikian ada juga program lainnya, dimasa kepemimpinannya telah banyak nampak pembangunan yang ada di Tanah Samawa ini. Apalagi cetusnya, ada dua bendungan akan dibangun dengan dana Triliunan dibawah masuk ke daerah berkat kepiawaian pak Husni (Bupati, red). Salah satunya, Bendungan Bringin sila dengan anggaran 1,7 Triliun di Utan dan Bendungan Kerekeh akan dibangun dengan Anggaran 1,6 Triliun yang hampir setara dengan APBD Kab. Sumbawa. Oleh karena itu, dengan keberadaan bendungan tersebut Maka otomatis para petani tidak akan dipusingkan lagi dengan ketersedian Air saat musim tanam dan musim kemarau.

“Semua yang dilakukan pak Husni (Bupati, red) untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Tanah Samawa, dan berbagai banyak program lainnya tak bisa saya sebutkan satu persatu. Terimakasih pak bupati (Husni Djibril),” ucap jamal sembari merasa bahagia pak Husni kembali Maju.

Untuk diketahui, Pemda Sumbawa telah mengelontorkan anggaran KRABAT senilai Rp 25 miliar dan sukses menyasar 25.307 petani miskin yang tersebar di 126 desa. Adapun rincian alokasi, lokasi dan sasaran, Rp 15 miliar pada tahun 2017 dan menyasar 5.135 petani miskin di 75 desa, Rp 5 miliar pada tahun 2018 menyasar 8.481 petani miskin di 26 desa, dan Rp 5 miliar pada tahun 2019 menyasar 11.691 petani miskin di 25 desa. (IA-Dy)