Wow!, Resort & Hotel Berbintang Segera Terbangun di Gili Keramat

  • Bagikan

Sumbawa, Infoaktualnews.com-

Kendati negeri tengah dilanda Covid-19 yang belum juga mereda, namun iklim investasi cukup bergairah dan tak menghalangi investor untuk datang menginjak kakinya di Tanah Itan Bulaeng Sumbawa.

Terbukti Investor PT Anugerah Air Biru telah datang ke daerah ini dan berencana akan segera membangun sebuah resort dan hotel berbintang dengan nilai investasi digelontorkan hingga mencapai puluhan Miliar dikawasan Gili Keramat yang berada dikawasan Desa Labuan Bajo Kecamatan Utan, menyusul tahun 2020 lalu Pemda Sumbawa telah menyetujui dan memberikan izin bagi pembangunannya. Sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Sumbawa Tarunawan, S.Sos., SP, dalam keterangannya kepada awak media diruang kerjanya, Kamis (18/3).

Lanjut Ia mengakui kalau iklim investasi di daerah ini berjalan cukup baik kendati tidak banyak namun paling tidak masih bergairah. Dimana untuk usaha pariwisata dan perhotelan sejauh ini Pemda Sumbawa baru ada satu izin yang telah disetujui bagi pembangunan resort hotel berbintang dikawasan Gili Keramat Desa Labuan Bajo Kecamatan Utan, dengan rencana peletakan batu pertamanya (Ground Breaking) akan dilakukan sekitar Mei 2021 mendatang.

Sejumlah izin yang dikeluarkan oleh Pemda Sumbawa maupun Provinsi semuanya sudah tuntas (clear) kata Tarunawan akrab pejabat berkumis ini disapa, tinggal sekarang ini masih menunggu hasil negoisasi tentang jumlah kompensasi lahan milik 9 warga masyarakat setempat dengan pihak perusahaan. Dimana fasilitasi pertemuan antara pihak perusahaan dengan pemilik lahan telah dilakukan oleh Pemda Sumbawa dan hasilnya mereka sepakat untuk melepas lahannya dengan catatan mendapatkan ganti rugi yang layak.

Menurut Tarunawan, jika negoisasi kompensasi lahan tuntas dilakukan paling lambat bulan April, maka direncanakan sesuai dengan schedule program PT Anugerah Air Biru akan segera melaksanakan pembangunan resort dan hotel berbintang di Gili Keramat dengan kegiatan peletakan batu pertama (Ground Breaking) dilaksanakan pada Mei 2021 mendatang.

Adapun besar nilai investasi awal yang akan dikeluarkan mencapai sekitar Rp 50 Miliar, baik itu untuk membangun sejumlah kamar hotel (resort) maupun membangun kantor Perwakilannya di Labuan Bajo Utan.

Dengan keberadaan resort tersebut selain menyerap investasi yang besar, tentu diharapkan kedepan akan dapat memberikan multi effect player bagi pengembangan usaha dan ekonomi kreatif lainnya disekitar kawasan Labuan Bajo Utan.

Disamping itu, tentu akan mampu memberikan peluang kesempatan pemberdayaan bagi para tenaga kerja lokal sesuai dengan skill kemampuan masing-masing, apalagi pada tahap pelaksanaan pembangunannya akan menyerap cukup banyak tenaga kerja, termasuk ketika pelaksanaan kegiatan operasionalnya, karena itu diharapkan pembangunannya bisa dituntaskan pada tahun 2021 ini, tukasnya.(IA-aM)






  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)