Mantap! Lapas Sumbawa Besar Rumahkan 6 Orang WBP

  • Bagikan

Sumbawa, Infoaktualnews.com –

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa Besar kembali mengeluarkan 6 orang warga binaan melalui program Asimilasi Rumah, Senin (22/3).

Para warga binaan tersebut telah memenuhi persyaratan yang disebutkan dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Permenkumham) Nomor 32 Tahun 2020, diantaranya telah menjalani setengah dari masa pidana, serta dua pertiga masa pidananya jatuh sebelum tanggal 30 Juni 2021.

Selain syarat-syarat admistratif tersebut tentunya mereka juga harus memenuhi sejumlah syarat substantif lainnya, semisal berkelakuan baik selama menjalani pidana, mengikuti program pembinaan dengan baik dan tekun serta berjanji untuk tidak melakukan pelanggaran hukum kembali.

Program yang juga dikenal sebagai Asimilasi Covid-19 ini sejatinya bertujuan untuk mengurangi tingkat kepadatan hunian di dalam Lapas yang berimbas pada menurunnya resiko penularan Covid-19 di kalangan warga binaan.

Kepala Seksi Binadik Lapas Sumbawa Besar, Muh. Nawawi mengatakan bahwa program ini perkirakan masih akan terus berlanjut mengingat terdapat beberapa warga binaan kasus tindak pidana ringan yang masih dalam proses persidangan. (IA-red)



  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)