Pimpinan DPRD Sumbawa Hadiri Musrembang RKPD 2022

  • Bagikan

Sumbawa, Infoaktualnews.com –

Penjabat Bupati Sumbawa Ir Muhammad Husni M. Si Membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten Sumbawa (30/3) dalam rangka menyusun RKPD Tahun 2022.

Dalam kesempatan tersebut Hadir Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Sumbawa, Kapolres Sumbawa, Sekretaris Daerah, Asisten I, II, III, Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Kepala OPD secara Daring diikuti Oleh Camat, Kades.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq menyampaikan bahwa, aspirasi masyarakat yang dihimpun oleh  seluruh Anggota Dewan, diharapkan dapat menjadi perhatian kita Semua. Pokir terakumulasi dari berbagai sumber, diantaranya dari tuntutan, harapan, dan kepentingan rakyat yang disampaikan melalui hasil reses yang dilakukan oleh Pimpinan dan Anggota DPRD serta aspirasi yang berkembang di tingkat Komisi-Komisi Dewan sebagai representasi dari tugas dan fungsi DPRD sebagai lembaga legislasi, anggaran, dan lembaga kontrol yang mengawasi jalannya penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Untuk menopang Pembangunan di Daerah kita agar lebih maju dan berkembang , DPRD Menekankan agar Daerah memperluas  Sumber Pendanaan selain bantuan Pusat dan Provinsi juga bersumber dari Swasta (CSR). Masih kata Rafiq DPRD Menekankan pada  Pembangunan berkelanjutan yakni mensinergikan antara Pilar Sosial Kemasyarakatan, Pilar  Ekonomi, Pilar Lingkungan, Pilar Pembangunan Infrastruktur dan Pilar Pendidikan dan Kesehatan.

Kendati, atas seluruh Aspirasi yang tertuang dalam Pokir DPRD kami respon baik, ungkap Penjabat Bupati Husni, untuk mewujudkan itu, saya tekankan kepada OPD dan seluruh Kecamatan untuk menyiapkan Data, karena sempat beberapa waktu lalu saya meminta Data di Kecamatan namun Data yang diberikan sangat kurang dan tidak di-update. Waktu itu ada program dari Dirjen Migas untuk Program BBM Satu Harga,” jelasnya.

“Kita patut bersyukur ditengah berbagai permasalahan dan tantangan pembangunan yang kita hadapi kita masih diberikan ketegaran, kekuatan dan kesabaran untuk terus mencurahkan pengabdian terbaik dalam membangun Bangsa, Negara dan Daerah kita tercinta,”

Bukanya, Kemudian Tanggal 9 Desember 2020 lalu Kabupaten Sumbawa telah melaksanakan Pilkada Serentak, dan seluruh Prosesnya telah tuntas, Saya mengucapakan Selamat atas ditetapkannya Bpk. Drs H. Mahmud Abdullah dan Ibu Noviany SPd.M.Pd sebagai Bupati dan wakil Bupati Sumbawa Periode 2021-2024.

Demikian juga penghargaan kepada Seluruh Hadirin peserta Musrembang RKPD Kab Sumbawa yang berkesempatan hadir, Saya harapkan dapat menghasilkan rencana pembangunan daerah yang dapat menjawab kebutuhan kita semua yang akan dilaksankan pada tahun 2022. harapnya.

“ Pelaksanaan Musrembang ini sebelumnya telah kita dengan Pokok –Pokok Pikiran (Pokir) yang disampaikan oleh Pimpinan DPRD Kabupaten Sumbawa dan Pemaparan Poin Sasaran Pembangunan Tahun 2022 Oleh Kepala Bappeda Provinsi NTB,”

Kemudian Sebagaimana disampaikan Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq, Bahwa pembangunan membutuhkan Sumber Anggaran, sehingga dibutuhkan kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi NTB, dan Pusat. sehingga dibutuhkan Attensi khusus OPD yang bergerak mengelola Keuangan Daerah. Sehingga berdasarkan tema Musrembang Kali ini adalah Pembangunan daerah yang inklusif, dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sehat, percepatan Pemulihan Ekonomi dan menjaga Kualitas Infrastruktur.

Lanjut ia mengungkapkan bahwa, Kondusifitas wilayah dan komitmen kita semua adalah hal penting juga dalam pembangunan diwilayah ini, dengannya rencana pembangunan diharapkan akan dapat memacu pertumbuhan investasi bagi pemulihan ekonomi Daerah dan Peningkatan Pendapatan Daerah yang muaranya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dan saat ini, saya bertugas sebagai Penjabat Bupati Sumbawa yang mengantarkan Bupati Terpilih, ibarat Pesawat Saat ini Pesawatnya sudah Jelas dan kemana Arahnya nanti akan disesuaikan dengan Pilotnya. ucapnya.

Nantinya Bupati dan Wakil Bupati kan membuat RPJMD yang akan menjadi referensi bagi seluruh OPD di Kabupaten Sumbawa. Di Akhir Sambutan Bupati Membuka secara resmi” Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Musrembang RKPD Kabupaten Sumbawa tahun 2022 secara resmi dibuka.Semoga segala upaya kita semua dapat kita wujudkan sebagaiman yang diharapkan  dan senantiasa mendapatkan bimbingan , perlindungan dan ridlo Allah SWT. Pungkasnya. (IA-AR/Dy)



  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)