Fakultas Pertanian UNISLA Dan Koperasi Pilar Emas Jalin Kerja Sama Tanam Cabe Rawit 500 Batang

  • Bagikan

Labuhanbatu, | Infoaktualnews.com,- Universitas Islam Labuhanbatu (UNISLA) Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian melaksanakan Program Kerja Sama Dengan Koperasi Pilar Emas Medan Tentang Penanaman Cabe Rawit sebanyak 500 Batang di Kampus Unisla Jl.H.M Yunus Padang Bulan Rantauprapat, di hadiri mahasiswa-mahasiwi semester 2,4,6 dan 8 serta para dosen pertanian di Lingkungan Unisla, Sabtu(03/04).

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Islam Labuhanbatu Joni Rianto Siregar,SP, MP, menyampaikan

“Pada saat ini Fakultas Pertanian Unisla dalam pengembangan tanaman cabe yang kita perkirakan akan panen pada saat-saat masyarakat Labuhanbatu membutuhkan cabe merah dan rawit yang sangat besar, Sehubungan dengan menjelang hari besar keagamaan Islam pada bulan Mei 2021″.

Menurut Joni,“ Karena itu kita mengembangkan penanaman cabe di dalam polibag yang merupakan penyelesaian Atau merupakan pemanfaatan lahan pekarangan terutama di perumahan yang ada di lingkungan Kampus Unisla.

Kita menyakini produksi yang akan di capai setiap polibagnya dengan intensifikasi terutama di dalam penggunaan pupuk organik mampu meningkatkan hasil cabe rawit mencapai 1,5 Kg/Polibag. Pupuk organik kita gunakan adalah pupuk kompos yang merupakan produksi cair ( MOL) produksi Mahasiswa Unisla pada waktu yang lalu.

“Produksi bertanam cabe yang dilaksanakan para mahasiswa/i Fakultas Pertanian Unisla disamping untuk bertujuan mendapatkan produksi juga di harapkan sebagai sosialisasi di dalam penggunaan pupuk organik, Ini merupakan salah satu jalan keluar bagi petani yang pada saat ini kewalahan dalam menyediakan pupuk kimia yang kita perhitungkan harga cukup mahal dan langka di pasaran.” Tutup Joni.

Hal yang sama juga di sampaikan Ketua Koperasi Pilar Emas Medan Rahmi Sari Dellina Harahap, M,Si

“Dengan kerjasama ini di harapkan dapat memberikaan motivasi kepada mahasiswa, untuk lebih mencintai pertanian dan menyadari bahwa pertanian itu dalah garda terdepan dalam menjaga ketahanan pangan negara Republik Indonesia”.

Menurut Rahmi, M,Si yang juga Dosen Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Islam Labuhanbatu, “Dengan adanya program ini di harapkan akan membangkitkan ide-ide baru dalam menciptakan produk pertanian yang hasilnya bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi masyarakat petani.”

Dalam kesempatan ini juga Ka Prodi Rezky Tri Setya,SP, MP, menambahkan, Dengan adanya program praktek ini menambah ilmu dan wawasan mahasiswa sehingga setelah selesai meraih gelar sarjana pertanian di unisla sudah mampu berwirausaha secara mandiri di bidang pertanian.

Ir. Lihas Ritonga,MS, selaku instruktur penanaman cabe kepada mahasiswa menuturkan “Beberapa manfaat pupuk organik ini di antaranya memberikan kesuburan tanah, kemudian stabilisasi keasaman tanah dalam jangka panjang”. Dengan pelaksanaan praktek lapangan ini di harapkan mahasiwa akan mendapatkan ilmu bagaimana tata cara atau teknik budidaya cabai ini./Ade



  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)