Fakultas Ekonomi UNISLA Laksanakan Kuliah Umum Dengan Tema Tantangan UKM Yang Produktif Di Masa Pandemi

  • Bagikan

Labuhanbatu,| Infoaktualnews.com,- Fakultas Ekonomi Universitas Islam Labuhabatu ( Unisla ) menggelar Kuliah Umum  dengan tema “Tantangan UKM Yang Produktif Di Masa Pandemi, di Kampus Unisla Jl.H.M Yunus Padang Bulan Rantauprapat, Rabu (7/4)

Moderator Kuliah umum tersebut dibawakan langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi Unisla Dr Mukhrizal Effendi, M.SP dan sebagai Narasumber Oky Putra Yogie Selaku Area Manager Rumah Makan (RM) Cinderalas Rantauprapat, Dengan para peserta para Mahasiswa Unisla.

Dekan Fakultas Ekonomi Unisla Dr Mukhrizal Effendi,M.SP, pada saat pembukaan menyampaikan “Dengan adanya kuliah umum ini diharapkan  mahasiswa dapat memahami Tantangan UKM Yang Produktif Di Masa Pandemi dalam berwira usaha”. Dimana  tantangan saat ini adalah suatu hal atau objek yang sifatnya menggugah tekad seseorag sehingga ia harus meningkatkan kemampuan yang dia miliki agar mampu mengatasi masalah yang di hadapi.

Tantangan apa saja yang akan kalian hadapi dalam meraih impian yang di cita-citakan antara lain : Jangan Malas, Harus tetap semangat ( Jangan naik turun), Banyak membaca buku (Literatur), Disiplin membagi waktu, Giat Berlatih, Jangan tergoda dengan godaan main game dan bergaul dengan teman yang baik dan yang terakhir Hindari godaan menggunakan media sosial tanpa batas waktu, kata Dr. Mukhrizal.

Oky Putra Yogie Selaku Area Manager Rumah Makan (RM) Cinderalas Rantauprapat sebagai narasumber menuturkan, “Pertama adalah dari segi pasokan. Semenjak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSSB) hampir di seluruh wilayah, banyak para UMKM kita mengalami kesulitan untuk mendapatkan bahan baku, Tantangan Kedua adalah masalah cashflow. Banyak pelaku UMKM yang merasakan pendapatannya menurun akibat tidak adanya pelanggan yang membeli produk semenjak PSBB dan physical distancing diberlakukan. Selain itu, para pelaku UMKM juga kesulitan mendapatkan pinjaman modal.

“Sudah pendapatan menurun, biaya untuk produksi sedikit mahal, ditambah lagi sulitnya akses peminjaman modal yang membuat cashflow mereka menjadi terganggu,”Ungkapnya

Menurut Oky yang merintis karir di RM Cinderalas dari Managemen terendah yakni bagian Cuci Piring ,” Tantangan ketiga yakni dari anjloknya permintaan. Ketidakpastian pasar membuat permintaan akan barang yang dijual oleh para UMKM menjadi berpengaruh.

Apalagi semenjak ada pandemi membuat kebutuhan para konsumen berubah. Ia berpendapat saat ini banyak masyarakat yang lebih membutuhkan produk-produk kesehatan seperti hand sanitizer dan masker dibandingkan kebutuhan lainnya

(Ade/AW)






  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)