Mantap, 150 Miliar DD Sumbawa Dialokasikan Tahun 2021

  • Bagikan

Sumbawa, Infoaktualnews.com –

Kepala Dinas Pemerintahan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa Varian Bintoro S.Sos M.Si dalam keterangannya kepada awak media, Senin (4/1) menyatakan kalau pada tahun anggaran 2020 Pemerintah Pusat mengalokasikan bantuan Dana Desa (DD) bagi 157 Desa se Kabupaten Sumbawa mencapai sekitar Rp 148 Miliar. Maka untuk tahun depan 2021 mendatang jumlahnya bertambah dan meningkat hingga mencapai total sekitar Rp 150 Miliar.

Dijelaskan, bertambahnya alokasi anggaran Dana Desa tahun 2021 mendatang yang diperuntukkan bagi 157 Desa di Kabupaten Sumbawa menjadi sekitar Rp 150 Miliar.

Jika dibandingkan dengan DD sebelumnya tahun 2020, dihajatkan oleh Pemerintah untuk menunjang berbagai program kegiatan pembangunan fisik dan non fisik yang dilaksanakan di Desa.

Adapun alokasi anggaran yang diterima setiap Desa jumlahnya bervariasi sesuai dengan variable dan ketentuan yang ditetapkan, dengan jumlah anggaran yang diterima setiap Desa di Sumbawa terendah DD-nya mencapai sekitar Rp 732 Juta dan tertinggi sebesar Rp 1,6 Miliar.

Lanjut Varian akrab pejabat muda low profil ini disapa, mengatakan meningkatnya jumlah Dana Desa yang diterima Kabupaten Sumbawa pada tahun anggaran 2021 mendatang, karena adanya insentif desa atas keberhasilan dan prestasi yang ditunjukkan oleh 16 Desa yang dinilai telah berhasil baik dalam menjalankan berbagai program pembangunan fisik dan non fisik di desanya masing-masing.

Terutama berkaitan dengan laporan pertanggungjawaban (LPJ) atas penggunaan dan pemanfaatan dari Dana Desa yang diterima itu dinilai telah sesuai dan tepat sasaran, dengan mengacu kepada regulasi aturan perundang-undangan yang berlaku maupun juklak dan juknis yang ditentukan, ujarnya.

“Karena itu kedepan dihimbau kepada seluruh Kades di daerah ini agar alokasi bantuan Dana Desa yang diterima benar-benar dapat dimanfaatkan secara tepat sasaran sesuai dengan peruntukkannya, sehingga apa yang menjadi harapan Pemerintah dan Masyarakat untuk membangun Desa benar-benar dapat diwujudkan dengan baik,” pungkas Varian Bintoro.(IA-aM*)






  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)