Mantap! Sumbawa Raih Program PISEW-2021 Untuk 10 Desa

  • Bagikan

Sumbawa, Infoaktualnews.com –

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kabupaten Sumbawa, Drs. H Burhanuddin, MT., menyatakan bahwa, kabar gembira kalau Kabupaten Sumbawa dalam tahun 2021 kembali mendapatkan kepastian setelah sebelumnya mendapatkan program KOTAKU bagi menunjang pembenahan dan penataan jalan lingkungan dan drainase pada tiga Kelurahan di Kabupaten Sumbawa, adapun kelurahan tersebut yakni Kelurahan Samapuin, Brang Bara dan Lempeh menggunakan bantuan dana APBN Murni dengan nilai total Rp 900 Juta. ujarnya kepada awak media, Rabu (19/5) di ruang kerjanya.

Maka Sumbawa kembali mendapatkan program Pembangunan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) yang awalnya diperuntukkan untuk bagi 6 Desa pada tiga Kecamatan yang dijadikan skala prioritas. justru kini ada tambahan 4 Desa untuk dua Kecamatan, sehingga total ada 10 Desa yang tersebar di 5 Kecamatan yang mendapatkan program PISEW dimaksud dengan nilai anggaran mencapai sekitar Rp 3 Miliar.

Saat ini, Kabupaten Sumbawa kembali mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Pusat untuk melaksanakan program PISEW Tahun 2021, kata Haji Bur akrab pejabat low profil ini disapa.

Kita patut bersyukur, Sambung Haji Bur, mengingat awalnya program PISEW ini Sumbawa hanya mendapatkan jatah bagi 6 Desa pada tiga Kecamatan meliputi Kecamatan Moyo Hilir dua Desa yakni Desa Batu Bangka dan Labuan Ijuk, Kecamatan Moyo Utara adalah Desa Baru Tahan dan Penyaring, serta Kecamatan Lopok terdiri dari Desa Berora dan Mamak.

Adapun besaran nilai anggaran yang diperoleh sebesar Rp 600 Juta setiap kawasan Kecamatan. Dimana pelaksanaan kegiatan awal kini tengah dilaksanakan oleh kelompok penerima manfaat (KPM) Desa setempat dengan alokasi anggaran tahap pertama telah dicairkan. terang Haji Bur.

Namun menjelang akhir Mei 2021 ini, kita kembali mendapatkan kabar gembira dari Pusat kalau Kabupaten Sumbawa kembali mendapatkan tambahan program PISEW yang diperuntukkan untuk 4 Desa pada 2 Kecamatan sesuai dengan SK dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Dirjen Cipta Karya Nomor 69/KPTS/DC/2021 tentang penetapan lokasi program PISEW untuk Kabupaten Sumbawa. Dan untuk Kecamatan Alas ada 2 Desa yakni Desa Dalam dan Desa Labuhan Alas, serta Kecamatan Unter Iwes untuk Desa Uma Beringin dan Desa Nijang dengan nilai anggaran sama sebesar Rp 600 Juta perkawasan Kecamatan. sehingga dalam waktu dekat ini akan segera dilakukan koordinasi dengan Camat dan Kades setempat, papar Haji Bur.

Lebih jauh Haji Bur menyatakan bahwa, kalau dibandingkan dengan program PISEW tahun 2020 lalu. Sumbawa hanya mendapatkan jatah untuk Dua Desa di Kecamatan Moyo Hilir dan Moyo Hulu, dengan nilai anggaran setiap wilayah kawasan sebesar Rp 1.5 Miliar dengan pelaksanaan program dinilai telah berjalan dengan baik.

Maka untuk program PISEW tahun 2021 ini terjadi peningkatan jumlah Desanya menjadi total 10 Desa pada lima Kecamatan. kendati demikian, nilai anggaran setiap Desa jumlahnya menurun menjadi Rp 600 Juta/kawasan, ini sebagai akibat terjadi refocusing anggaran di Pusat dalam penanganan Covid-19, namun tentu hal ini harus kita syukuri bersama, tukasnya.

“Program PISEW tersebut, dihajatkan oleh Pemerintah tiada lain dalam rangka menunjang pembenahan dan penataan kawasan. Khususnya dalam membantu kelancaran aktivitas sosial ekonomi diwilayah setempat, misalnya tahun lalu seperti di Moyo Hulu dan Moyo Hilir yang menghubungkan dua Desa masing-masing membangun semodel jalan usaha tani yang dibangun oleh PISEW untuk memperlancar dan mengurangi kemahalan ekonomi masyarakat. sehingga mengurangi biaya angkut yang mahal, dengan aktivitas sosial dan ekonomi masyarakatpun menjadi lancar sebagaimana yang diharapkan, dan sistem pelaksanaan program PISEW ini hampir sama dengan program KOTAKU, dengan pelaksanaan diserahkan sepenuhnya kepada kelompok masyarakat setempat,” pungkasnya (IA-06*)






  • Bagikan
error: Upss, Janganlah dicopy bang ;-)